Tuesday, 7 November 2017

Philips LED Eye Comfort Membuat Mata Sehat & Nyaman


Philips LED Eye Comfort Membuat Mata Sehat & Nyaman


Pencahayaan yang baik disetiap ruangan buat saya penting banget, secara minus mata saya semakin bertambah seiring pertambahan umur. Sekarang saya sudah tidak bisa lagi melihat tulisan kecil, terkadang menonton televisi saja kalau kelamaan lama-lama semakin gak jelas gambarnya. Duh kacamata saya memang sudah waktunya diganti nih dan cek ricek lagi ke dokter mata, Cuma waktunya belum pas buat ke dokter, jadi curcol hehee..


Para Narasumber (foto:dokpri)

Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri talkshow mengenai Dampak Pencahayaan LED Berkualitas “Eye Comfort” Bagi Kesehatan dan Kenyaman Mata. Dengan narasumber antara lain Rowena Lee (GM & Senior Vice President Global Business Group LED, Philips Lighting Hongkong), dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K) Humas Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), dan Teuku Rinaldi seorang Lighting Designer & Consultant.

Mata merupakan organ yang sangat penting yang ada didalam tubuh kita, melalui mata kita bisa melihat semua keindahan dunia, tapi terkadang kita mengabaikan kesehatan mata kita. saya sejak kecil sering banget membaca sambil tiduran dan susah disuruh makan sayur, bahkan hingga kini kebiasaan jelek membaca sambil tiduran atau beraktifitas melalui smartphone masih suka dilakukan sambil tiduran, padahl itu gak baik buat mata kita.


Foto:dokpri

Menurut penelitian ada sekitar 200 juta gangguan mata di dunia, dan 80% kasusnya bisa dihindari dengan melakukan pemeriksaan mata. Pencahayaan yang baik sangat penting untuk kesehatan mata, terutama bagi anak-anak.  
Kita perlu saling mengingatkan pentingnya pemeriksaan mata secara berkala untuk mencegah gangguan mata. Anak-anak harus meluangkan waktu untuk beraktifitas diluar rumah setiap harinya agar terhindar dari miopia atau rabun jauh. 
Kita harus melindungi mata dengan melakukan kegiatan dibawah pencahayaan yang baik, menghindari paparan sinar UV-B, tidak merokok serta menggunakan pelindung mata saat bekerja untuk menghindari cedera, ungkap dr. Gita.


Foto:dokpri

Lampu merupakan sumber pencahayaan di dalam rumah, lampu juga bisa dipakai untuk menambah keindahan suatu ruang atau tempat. 
Dengan pencahayaan lampu bisa memperlihatkan sisi interior dan arsitektur sebuah rumah, selain bisa untuk menambah keindahan lampu juga bisa memperbaiki mood seseorang. 
Lampu juga bisa memberikan efek cahaya yang bisa memperlihatkan ruang lebih luas dan tinggi dan juga bisa sebagai pemisah ruang. 
Fungsi lampu ditiap ruangan berbeda dan punya standar sendiri yang harus dipenuhi, karena setiap pencahayaan disesuaikan dengan kebutuhan orang didalam ruangan tersebut.

Menurut Rowena Lee, kualitas pencahayaan tidak hanya terkait dengan masa pakai yang lama, tapi juga sangat penting untuk memastikan mata kita tidak lelah dan terasa nyaman. 
Sangat penting memilih LED berkualitas tinggi yang tidak berkedip, Philips lighting telah mengembangkan kondisi pengujian yang mendetil untuk mengevaluasi kedipan cahaya yang merupakan kriteria nyaman. 


Foto:dokpri

Semua bohlam Philips LED yang dilengkapi dengan logo Eye Comfort pada kemasannya memberikan pencahayaan yang nyaman bagi mata. 
Konsumen akan menikmati pencahayaan LED berkualitas tinggi yang tidak berkedip, tidak silau serta memiliki distribusi cahaya yang merata, sehingga mata kita menjadi lebih nyaman dan rileks.


Perkembangan mata pada anak:
  1. Perkembangan penglihatan normal, berlangsung cepat 6 bulan pertama dan berlanjut sampai dekade pertama (10 – 12 tahun).
  2. Anak peka terhadap kondisi yang mengganggu penglihatab dab perkembangan visual, misalnya infeksi, nutrisi, lingkungan dan habit.
  3. Dapat terjadi masalah penglihatan seperti: strabismus, gangguan refraksi seperti miopia atau rabun jauh, hyperopia atau rabun dekat dan astigmatisme.
  4. Kelainan kongenital seperti katarak.
  5. Gangguan penglihatan pada anak dapat menyebabkan amblyopia atau mata malas yaitu gangguan fungsional dari sistem visual sentral.


Cahaya yang berkualitas sangat penting sehingga kita bisa beraktifitas secara maksimal. 
Berikut tips untuk kenyamanan mata bagi pengguna komputer, antara lain:
  • Kelainan refraksi perlu dikoreksi dengan power dan model kacamata yang tepat.
  • Istirahat berkala saat menggunakan komputer (“20-20-20 rule)
  • Tempatkan sumber cahaya jauh dari layar komputer
  • Berikan tirai pada jendela, atau memberikan filter anti silau pada layar komputer.


Sering mengalami mata lelah, ini penyebabnya:
  1. Membaca atau menggunakan komputer atau video dalam waktu lama
  2. Memaksa atau melihat dalam penglihatan yang redup
  3. Paparan sinar yang sangat terang
  4. Refleks kedip yang berkurang
  5. Gangguan refraksi (perlu kacamata).



Tips Menjaga Kesehatan Mata:
  • Periksakan mata setiap 5 tahun, bila berusia 65 tahun keatas periksakan mata tiap 1 – 2 tahun
  • Gunakan pencahayaan yang baik saat beraktifitas, misalnya membaca atau belajar
  • Melakukan kegiatan outdoor untuk mencegah rabun jauh.
  • Hindari merokok
  • Tidur yang cukup
  • Olahraga secara teratur
  • Jaga pola makan
  • Jaga kebersihan terutama tangan jika ingin menyentuh mata agar terhindar dari risiko infeksi
  • Gunakan kualitas lampu yang baik, yang menyerupai pencahayaan alami sehingga mata terasa nyaman
  • Berlatih yoga mata selama beberapa menit setiap hari


Foto:dokpri

Saya selalu memberikan penerangan yang baik ditiap ruangan rumah saya, agar tetap bisa beraktifitas dengan nyaman. 
Mari sayangi mata kita dengan menjaga kesehatan mata dengan menggunakan pencahayaan yang baik di rumah, pilih bohlam lampu LED yang berkualitas.

2 comments:

  1. Aku pakai philips led mba, tahan lama dan terang nya keceh. A lil bit pricey but Worth to buy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say..buat sesuatu yg baik utk mata kita ya hrs pilih lampu yang berkualitas yaa 😊

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.