Thursday, 22 June 2017

Ingin Tampil Cantik Saat Lebaran, Jangan Salah Pilih Kosmetik


Ingin Tampil Cantik Saat Lebaran, Jangan Salah Pilih Kosmetik


Menyambut hari spesial pastinya kita sebagai perempuan ingin tampil cantik dan sempurna, khususnya di moment hari raya dimana kita banyak ketemu orang banyak, nah sebelum memilih kosmetik apa yang akan kita pakai sebaiknya kita mengenal dulu lebih jauh bahan yang terkandung pada kosmetik yang akan kita beli nanti.




Tampil cantik tentunya dambaan setiap wanita, tapi jangan karena pengen cantik instan asal-asalan memilih kosmetik, sayang bangetkan kita mengorbankan tubuh kita hanya cuma untuk cantik sesaat. Pernah gak sih mendengar orang yang mengalami masalah pada kulitnya, khususnya kulit wajah akibat kesalahan memilih kosmetik. Sewaktu saya tinggal dirumah lama saya, ada sekumpulan remaja dan ibu muda yang lagi heboh membeli produk pemutih dengan harga miring, saya sempat miris melihat antusias mereka tanpa melihat efek samping yang diakibatkan dari kosmetik instan yang mereka pakai. Saya bantu mengingatkan teman saya agar tidak terpengaruh untuk ikutan membeli cream pencerah wajah yang katanya bisa memutihkan kulit wajah dalam hitungan hari, duh dengernya aja saya sudah ngeri, efek panjangnya yang ditakutkan, buat apa cantik sesaat kalau setelahnya harus menanggung akibatnya seumur hidup.




Sebelum membeli kosmetik ada baiknya kita baca dahulu kandungan bahan yang ada di kosmetik tersebut, seperti apa saja sih bahan yang berbahaya dalam kosmetik:
  • Merkuri
  • Hidrokinon
  • Asam retinoat
  • Pigmen Rhodamin B
  • Pigmen K1 dan K3.


Mengapa sering kita dengar bahwa merkuri itu berbahaya, karena dalam merkuri itu mengandung logam berat BA 200,6 dan NA 80 yang terdapat pada kerak bumi. Biasanya terdapat pada pencerah wajah (whitening) dengan efek kulit lebih cerah dalam hitungan 2 – 3 hari. Sifat dalam merkuri itu racun bagi tubuh, dan merkuri itu sulit dikeluarkan dari dalam tubuh, prosesnya lamban sehingga menumpuk di otak, hati, ginjal, kulit dan lain-lain yang akhirnya bisa mengakibatkan penyakit kanker. Selain kanker merkuri juga bisa mengganggu syaraf sehingga bisa menyebabkan pikun (alzheimer), parkinson, depresi, insomia, dan gangguan penglihatan.

Selain merkuri yang berbahaya bagi tubuh kita, ada juga kandungan hidrokinon, sebenarnya kandungan hidrokinon masih aman jika dalam dosis yang sesuai namun tetap dalam pengawasan dokter, karena fungsi hidrokinon sendiri sebagai whitening untuk menghilangkan flek hitam yang biasanya terdapat pada cream untuk wajah. Bahayanya jika hidrokinon diapakai secara berlebihan sehingga bisa mengakibatkan iritasi kulit, kemerahan dan panas sehingga kulit terasa terbakar, kering, gatal-gatal, bengkak bahkan sakit kepala.




Sebenarnya gimana sih ciri-ciri kosmetik yang berbahaya?

Nah ini yang harus kita perhatikan ketika membeli kosmetik, jangan sampai kosmetik yang kita beli ada ciri-ciri sebagai berikut:
  • Lengket
  • Tidak Homogen, biasanya creamnya tidak smooth alias agak grenjel-grenjel gitu
  • Berbau logam, namun biasanya sering ditutupi fragrance mencolok sehingga bau logamnya tersamar
  • Mengkilap seperti mutiara
  • Bila diaplikasikan ke kulit terasa panas, gatal dan kemerahan
  • Efek dan reaksinya kurang dari satu minggu                
  • Kulit menjadi putih pucat, bukan putih natural karena merkuri memberi efek putih pucat
  • Bila pemakaian dihentikan akan timbul bintik-bintik hitam tidak merata.


Efek pemakaian dari kosmetik yang mengandung merkuri ini akan baru terlihat sekitar 3 – 5 tahun, ngeri yaa! Tetapi jika kita sudah terlanjur memakai kosmetik yang mengandung merkuri karena ketidaktahuan kita masih bisa koq dibantu menghilangkannya dengan bantuan detoks. 
Detoks merkuri bisa dilakukan dengan cara antara lain :
  • Algae: Chorella, spiruline, atau minum air kelapa hijau, bisa juga konsumsi buah bit.
  • Konsumsi zat besi tinggi, seperti sangobion
  • Minum air putih yang banyak
  • Green tea
  • Sauna atau terapi hidro
  • Minum vitamin C
  • Dan olahraga.


Ada baiknya kita perhatikan ingredients pada setiap kosmetik yang akan kita beli. Makanya saya selektif banget kalau memilih kosmetik. Ssttt saya mau kasih bocoran menarik nih salah satu kosmetik yang aman dan sudah ada sepanjang masa, tepatnya sih sepanjang masa hidup saya hehe, apalagi kalau bukan Venus kosmetik. Ada yang sudah mengetahui tentang Venus kosmetik, nah Venus kosmetik ini brand ekstention dari Marcks’ kosmetik. Pastinya pernah dengar donk tentang kosmetik Marcks’, iyess karena kosmetik Marcks’ ini sudah lama banget hadir di Indonesia bahkan sejak dari zaman Belanda yaitu sekitar tahun 1817. Nah yang membuat spesial ternyata Venus ini adalah produksi dari Kimia Farma, yang sudah berpengalaman berkecimpung di dunia farmasi, sudah pasti produk kosmetiknya aman donk.

Konsep dari Venus kosmetik adalah kesehatan, jadi bukan sekedar cantik saja, kita memakai kosmetik juga harus aman dan sehat, bukan hanya cantik diluarnya saja tapi didalam kulit kita juga harus sehat, produk basic make up Venus bahan aktif ingredientsnya sudah disetujui BPOM jadi aman untuk kulit, maka dari itu saya ingin review sedikit ya dari produk Venus Kosmetik yang sudah saya pakai.


Marcks' Venus Body Milk

Series body lotion Venus ini ada dua varian yaitu Marcks' Venus Body Milk Ekstrak Green Tea dan Marcks' Venus Body Milk Ekstrak Bengkoang (Yambean).
Varian Marcks' Venus Body Milk Ekstrak Green Tea mengandung ekstrak teh hijau yang terkenal akan manfaat anti oksidannya untuk melindungi kulit dari dampak buruk lingkungan. Dengan formula lembutnya cepat meresap dikulit, serta membantu menghaluskan dan melembutkan kulit. aroma segar khas dari teh hijau terasa begitu saya membuka tubenya, berwarna putih ada sedikit semu warna hijaunya, tekstur lotionnya ringan tidak lengket dan cepat meresap ke dalam kulit.




Ingridients :
Purified water, Glyceryl stearate, Stearic acid, Cetyl alcohol, Glycerine, Dimethicone, Isopropyl myristate, Cyclopentasiloxane, Fragrance, Triethanolamine, Phenoxyethanol, Cyclohexasiloxane, Ethyhexyl methoxyncinnamate, Acrylates/c10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Metylparaben, BHT, Ethylparaben, Propylparaben, Butylparaben, Butylene glycol, Benzophenone-3. Camelia sinesis leaf extract, CI 19140, dan CI 42090

Untuk varian Marcks' Venus Body Milk Ekstrak Bengkoang (Yambean), hmm ini favorit saya loch, saya memang suka berbagai kosmetik dengan kandungan bangkoang, alasannya sih biar kulit saya lebih cerah dikit hehe karena memang sari dari buah bangkoang biasanya untuk mencerahkan warna kulit secara alami serta membantu menyejukkan kulit dari terpaan sinar matahari, dan tentu saja berfungsi untuk melembutkan kulit kita. aromanya segar, berwarna putih, tekstur lotionnya juga ringan tidak lengket dan cepat meresap ke dalam kulit kita.




Ingridients :
Purified water, Glyceryl stearate, Stearic acid, Cetyl Alcohol, Glycerine, Dimethicone, Isopropyl myristate, Cyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, Fragrance, Triethanolamine,  Cyclohexasiloxane, Ethanol, Ethylhexyl methoxycinnamate, Pachyrrhizus erosus root extract, Acrylates/c10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Metylparaben, Ethylparaben, Propylparaben, Butylparaben.




Kemasan Marcks' Venus Body Milk Green Tea dan Marcks' Venus Body Milk Bengkoang yang saya coba, menggunakan kemasan tube berwarna putih dengan volume 100ml, dengan sistem tutup flip top berwarna biru. Yang penting banget pastinya sudah ada  logo halalnya dari MUI. Yang spesial dari setiap produk skincarenya Marcks' Venus dengan kemasan tube, selalu dilapisi dengan alumunium foil untuk menjaga isi produk agar tetap steril. Karena pastinya para konsumen ketika sebelum membeli suka membuka dan mencium isi produk dulu, sehingga takutnya bila tidak dikemas secara higienis produknya sudah terkontaminasi dahulu sebelum dipergunakan. 
Jujur sih saya juga terkadang kalau sebelum membeli produk di supermarket biasanya secara reflek suka mencium aromanya dulu hehe..


Marcks' Venus Loose Powder

Yang saya suka dari salah satu produk Marcks' Venus yaitu salah satunya Loose Powder atau bedak tabur. Mengingatkan saya akan masa sekolah SMA dulu. Waw saya memang sudah pakai produk ini dari zaman SMA dan asli saya cocok banget karena gak bikin jerawatan. Secara ya produk Marcks' sudah hadir dari generasi ke generasi, bahkan almarhumah ibu saya pun pakai bedak Marcks'.




Tekstur powder-nya lembut seperti talc dan aromanya harum dan saya suka aroma khasnya yang alami saat dipakai, bedak ini mudah banget menyatu dikulit, tentuya sebelum memakai bedak tabur ini biasanya saya menggunakan pelembab dulu. Setelah itu baru pakai bedak padat untuk menghaluskan. Tapi terkadang untuk sehari-hari saya cukup menggunakan bedak tabur ini saja. Untuk pemilihan warna loose powder dan compact powder ada baiknya memilih warna yang sama atau paling tidak mendekati warna kulit wajah kita.

Ingridients :
Talc, Zea Mays Starch, Zinc Oxide, Dry-Flo PC (Aliminium Starch Octanylsuccinate), Zinc Stearate, Salicylic Acid, Fragrance.

Marcks’ Venus Loose Powder punya oil control yang bagus banget untuk mengendalikan minyak yang diproduksi oleh kulit wajah. Marcks’ Venus Loose Powder ini cocok buat semua jenis kulit dan terasa ringan dikulit.

Selain aman, produk marks juga harganya masih ramah dikantong sehingga tidak menguras isi kantong terlalu dalam, masih terjangkau untuk semua kalangan. 
Jadi bila ada kosmetik yang aman dengan harga bersahabat, buat apa beli yang mahal hehe..
Jadi lumayankan budgetnya bisa untuk membeli kebutuhan lain di hari raya nanti.

11 comments:

  1. Aku ingetnya kalau kosmetik berbhyau karena kandungan merkuri dan hidrokinon, sedangkan kandungan Asam retinoat,Pigmen Rhodamin B dan Pigmen K1 dan K3 malah baru ngeh abis baca tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada teh kandungan ini biasa ada di lipstik n kosmetik yg mengandung warna, mknya kita hrs hati2 memilih kosmetik teh :)

      Delete
  2. Team Loose Powder 😍😍😍 jadi makin tau mengenai kosmetik berbahaya. Jadi konsumen harus cerdas 😉

    ReplyDelete
  3. Makasih ya mba sudah mau berbagi ilmunya bagaimana komposisi kosmetik yang aman serta sehat untuk kita pakai 😃

    ReplyDelete
  4. Wah, ada Varian lain toh produk Venus. Aku kira cuma bedak aja. Aku cocok sama bedak Venus. Boleh-boleh nih nyoba produk yang lainnya.

    ReplyDelete
  5. Aku punya dirumah tapi belum di pakai. Bedak marks a emang terkenal sejak dahulu.

    ReplyDelete
  6. Marcks tabur dari dulu aku pake, enak ringan karena bahannya aman dan teruji.

    ReplyDelete
  7. Duhhh ini merek pertama dipake waktu aku dapet menstruasi, acung 2 jempol ya marcks venus selalu berinovasi produknya

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.