Monday, 24 April 2017

Muffest 2017, Meningkatkan Fashion Muslim Lokal Menuju Pasar Dunia



Muffest 2017, Meningkatkan Fashion Muslim Lokal Menuju Pasar Dunia


Bila membahas mengenai busana muslim atau pun fashion lainnya mampu memberikan energi lebih buat saya, karena akan selalu menarik untuk dibahas dan gak ada matinya. Penduduk Indonesia yang mayoritas muslim membuat bisnis busana muslim kian waktu semakin berkembang, baik dari sisi perkembangan fashionnya maupun jumlah konsumennya.

Tidak bisa dipungkiri dengan makin banyaknya para public figure yang menggunakan busana muslimah tentunya semakin banyak menarik minat masyarakat luas untuk mengikuti perkembangan fashion muslim, dari sekedar ikutan trend sesaat sampai yang benar-benar dari hati karena mendapatkan hidayah, subhanallah J



Talkshow para desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (foto:dokpri)

Kamis (6/4/2017) Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo kembali mengadakan event Muslim Fashion Festival (Muffest) 2017. Pagelaran kali ini diadakan untuk yang  kedua kalinya, dan saya sangat antusias sekali karena pada event kali ini lebih nyaman karena berada di dalam gedung Jakarta Convention Center (JCC) tepatnya di Assembly Hall. Pada Muffest 2017 ini IFC juga menggandeng community partner yaitu HijabersMom Community dan Hijabers Community, event ini juga mempertemukan para pelaku industri fashion muslim nasional dan internasional.


Rancangan para desainer (foto:dokpri)

Sektor industri modest wear saat ini memang menjadi perhatian global, bahkan fashion muslim ini mengalami perkembangan pesat seiring dengan misi Pemerintah untuk menjadikan negara kita sebagai sentra fashion muslim dunia di tahun 2020, karena produk busana muslim dinilai sebagai komoditas yang potensial untuk menguasai pasar lokal serta merambah pasar internasional.

Bapak Deden Siswanto, Project Director Muffest 2017 menegaskan, ajang Muffest kali ini mengarahkan pada meningkatkan kompetensi produk fashion muslim Indonesia agar dapat bersaing di pasar global, sekaligus memasarkan keunggulan busana muslim Indonesia yang diarahkan pada ready to wear craft fashion dengan mengoptimalkan kekayaan budaya lokal yang mengacu pada Indonesia Trend Forecasting.




Fashion show karya desainer Anggia (foto:dokpri)

Pada ajang muffest 2017 ini melibatkan 200 desainer dan 150 brand. Ditahun kedua penyelenggaraan muffest ini akan ditampilkan rangkaian fashion show yang menyajikan keragaman karya desainer dan brand fashion muslim di Indonesia sesuai Indonesia Trend Forecasting (Muslim Fashion Trend) 2017 – 2018, dengan mengusung konsep “Digitarian: Smart, Young & Ethical Generation”

Fashion show karya desainer Nuniek Mawardi & Astri Lestari (foto:dokpri)

Pada ajang muffest 2017 tidak saja menghadirkan rancangan para desainer senior, namun juga para desainer muda sebagai generasi penerus untuk menawarkan warna baru dalam ranah fashion muslim d Tanah Air. Para desainer memberikan karakter rancangan yang beragam ada gaya konvensional, kontemporer dan syar’i. 
Para desainer tersebut antara lain Irna Mutiara, Hannie Hananto, Monika Jufry, Najua Yanti, Nuniek Mawardi, Sofie, Barli Asmara, Rani Hatta, Astri Lestari, Khanaan Shamlan, Rosie Rahmadi, Oki Setiana Dewi dan Annisa Hasibuan. Serta sejumlah desainer yang tergabung dalam asosiasi Indonesian Fashion Chamber (IFC), Hijabersmom Community, Ikatan Perancang Busana Muslim Indonesia, Indonesia Modest Fashion Designer, Islamic Fashion Institute, serta partisipasi desainer dari Uni Emirat Arab dan Turki.

Beberapa koleksi rancangan desainer muda Soraya Karim (foto:dokpri)

Saya sempat berbincang sebentar dengan desainer muda yaitu Soraya Karim ketika mengunjungi standnya. Soraya memperkenalkan karya premium terbarunya pada ajang Muffest 2017 yang bertema The Lovely Taj Mahal yang terinspirasi dari keindahan Taj Mahal, rancangannya sangat detail. Soraya merupakan penyanyi religi soundtrack sinetron, ketertarikannya pada dunia fashion berawal karena sering melihat sang kakak yaitu Poppy Karim yang sudah lebih dulu mengeluti dunia fashion.

Stand desainer senior Itang Yunasz & artis Delia Septianti (foto:dokpri)

Selain fashion show yang diadakan para desainer untuk memperkenalkan rancangannya, area exhibition (pameran dagang) merupakan favorite saya, karena disini saya bisa melihat berbagai macam koleksi busana muslim terlengkap yang bisa membuka wawasan saya tentang berbagai produk fashion yang tentu saja bisa memanjakan mata saya juga plus bisa jadi wacana saya dalam memilih busana muslim yang saya inginkan, jadi laper mata hehe

exhibition area (foto:dokpri)

Stand brand hijab Elhijab & Zoya (foto:dokpri)

Muffest bukan sekedar fashion event melainkan sebagai fashion movement yang mensosialisasikan kebanggaan kita terhadap produk lokal, serta bisa meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan hidup. Selain fashion show dan pameran produk fashion muslim juga ada kegiatan presscon dari para brand, talk show, seminar dan kompetisi yang turut memeriahkan ajang Muffest 2017.


Stand Si.Se.Sa yang selalu ramai pengunjung (foto:dokpri)

Yang cukup menarik perhatian saya dari sekian brand desainer yang turut serta dalam area exhibition yaitu brand Si.Se.Sa yang merupakan second line dari desainer busana muslim senior ibu Merry Pramono yang merupakan brand dengan busana syar’i ready to wear yang deluxe. Salah satu ciri khas pada khimar brand Si.Se.Sa yang membuatnya terkesan mewah dan elegan yaitu adanya aksen kristal-kristal swarovski, sehingga memancarkan kecantikan tersendiri untuk wanita yang memakainya. sehingga bisa mengurangi penggunaan aksesoris tambahan seperti kalung atau yang lainnya.

Di stand Si.Se.Sa ini selalu tampak ramai dipenuhi pengunjung, produknya laris manis. Walaupun kisaran harganya lumayan tinggi. Dalam sebulan bisa produksi dari 5000 – 10.000 pcs busana, limited edition untuk tiap modelnya. Brand Si.Se.Sa sepertinya bisa menjawab kebutuhan para pecinta busana muslim syar’i yang menginginkan tampil tertutup namun tetap terlihat chic, classy dan bergaya.


Ibu Merry Pramono mendampingi kedua putrinya pada presscon koleksi terbaru "PopNimes" (foto:dokpri)

Pada ajang Muffest 2017 ini ibu Merry Pramono bersama putri-putrinya mengeluarkan koleksi terbaru yang berbahan denim bertema "PopNimes" yang merupakan  akronim dari Poppies dan De Nimes atau Denim. Dalam koleksi ini Si.Se.Sa akan memberikan kejutan bahwa busana syar'i ternyata dapat memakai bahan denim. Namun Si.Se.Sa memakai bahan denim khusus yang tipis dan adem, cocok untuk pemakaian busana syar'i di Jakarta yang mempunyai iklim tropis, dengan teknik washed sehingga bahan denim sempurna: kuat, tahan lama, tipis dan tidak panas.

Mba Lenny Agustin, desainer sekaligus sebagai salah satu panitia Muffest 2017 yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC) mengatakan, fashion muslim ciri khasnya Indonesianya harus kuat, agar tidak perlu khawatir terhadap gempuran produk luar. Pangsa pasar busana muslim sangat besar di Indonesia, kita harus bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri agar kuat berkompetisi di negeri orang. Dalam event ini mba Lenny berharap dapat memicu generasi baru serta bisa memberikan kreatifitas untuk para desainer muda. Memasukan unsur kebudayaan Indonesia pada karya-karya desainer akan memperkuat brand-brand Indonesia agar bisa sekuat brand-brand internasional.

Welfie bareng idolaku mba Lenny Agustin (foto:dokpri)

46 comments:

  1. Cantik semua karya karya desainer Indonesia. Saya pribadi suka busana muslim yang simple supaya nyaman digunakan di setiap waktu.

    ReplyDelete
  2. Cantik-cantik banget bajunya, mba Ria.
    *sambil membayangkan kalau saya yang pake.

    Waah..
    Produk Si.Se.Sa ini beneran kece.
    Tapi memang sesuai sama harganya.

    Bikin berbinar setiap wanita yang memandang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekepin dompet smbil kedip2 mba lendy klo liat koleksi sisesa hihi

      Delete
  3. Wah keren koleksinya, ternyata Indonesia menyimpan potensi fashion khususnya busana muslim yang sangat besar. Semoga semakin di kenal di pasar global, kalau bisa Indonesia menjelma menjadi pusat mode busana muslim dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaminn.. Smoga ya mba, doa kita bersama :)

      Delete
  4. Keren2 ya hasil karya desainer Indonesia di Muffest 2017. Tapi kalo buat cowoknya ga ada ya mbak? Siapa tau ada desain fashion buat cowok muslim syar'i. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat cowok ada mas cm bru sedikit, ke depannya akan ada ko buat cowok kmren sempat nanya ke slh satu desainer.

      Delete
  5. Simple dan cantik cantik mba bajunya, tp harganya gimana yaaa hehehe, 😁😁😁 tp pengen lah suatu saat punya satu baju yg branded banget hehehe

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget mbak Ria, liputannya. Sampai wawancara ke desainernya juga. Sayang banget aku ga ke stand si.se.sa. jadi penasaran ya harganya bisa segitu. Apa karena swarovskinya? Karena kalau bahan kayaknya ga beda jauh sama yang lain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bbrpa kali ke muffestnya jd bs lah ngobrol2 sm desainernya :)

      Delete
  7. Muffest selalu keren tiap tahunnya, ahhh klo kesitu kudu kekepin dompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk aahh thn dpn kesini bareng mba maria ;)

      Delete
  8. Sepertinya sekarang perempuan muslimah tidak susah lagi mencari busana yg modis tapi tetap tertutup ya... Dan itu baju bikin mupeng tapi.... Bikin dompet jebol hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg window shopping matanya aja mba echi tp tgn tetep kekepin dompet hihi

      Delete
  9. Wahhh jadi mupeng nih... apa ada promo

    ReplyDelete
  10. Pertanyaan ku ni ada yg 500 rb? Hahaha mupeng pasti mahal yah? Bagus2 koleksi desainernya:(

    ReplyDelete
  11. Bangga..fashion muslim semakin berkembang 😍😇

    ReplyDelete
  12. Bangga..fashion muslim semakin berkembang 😍😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba yuni, memberikan kemudahan ya dlm mencari busana yg kita mau :)

      Delete
  13. Fashion muslim harus digalakkan supaya dikenal dunia :-)

    ReplyDelete
  14. Aku ga datang muffest tahun ini. Makin banyak desainer lokal yang mendunia. Bangga deh lihat kreasi baju muslim

    ReplyDelete
  15. Dulu waktu masih kerja suka dapat undangan FS. Semoga acara tahun depan bisa beri info ke sepupu dkk yang lain. Barang kali ada yang membutuhkan. Koleksinya bagus2. Yakin pasti mahal ini.

    ReplyDelete
  16. Keren2 ya hasil karya designer Indonesia ♡_♡

    ReplyDelete
  17. Wah, baju muslim jadi semakin trendi

    ReplyDelete
  18. kece-kece designnya. Saya terpikat sama salah satu stand yg nyediain pakaian bridal. cantik bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa buat referensi siti merid nnti :)

      Delete
  19. wah, peluang buat para penjual nih :D

    ReplyDelete
  20. busana busana muslimanya cantik bener. pengen lah satu mba

    ReplyDelete
  21. Semoga busana muslim di Indonesia semakin berkembang dan maju, sampai perempuan-perempuan cantik Indonesia tertarik dan memakai busana muslim semua.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah, Semoga dengan terus adanya acara seperti ini, hijab juga bisa diterima di dunia, dan tidak ada lagi diskriminasi bagi kaum hawa.
    tentunya juga dengan mengangkat hijab yang Syar'i.

    ReplyDelete
  23. semoga dengan event seperti islam lebih mudah diterima dan masuk ke dalam setiap sendi kehidupan terutama dalam berbusana

    ReplyDelete
  24. semoga yaa..
    terima kasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  25. bajunya cantik-cantik banget mbak.., pengen deh ngasih kado ulang tahun ke bunda baju-baju cantik kayak gini.. :D

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.