Monday, 27 February 2017

Ragu Dengan Kualitas Produk, Kontak Halo BPOM di 1500533


Ragu Dengan Kualitas Produk, Kontak Halo BPOM di 1500533


Sewaktu saya masih tinggal di rumah lama, ada anak-anak remaja sampai ibu-ibu yang tengah gandrung menggunakan produk kosmetik cream pemutih wajah yang katanya bisa bikin kulit wajah kita putih merona dalam waktu singkat. Saja coba menjelaskan sebatas yang saya tau bahwa jelas-jelas produk tersebut gak aman buat kulit wajah kita, buat apa cantik sesaat tapi suatu hari nanti kita akan menanggung akibatnya karena kandungan di produk tersebut yang membahayakan kulit kita, tetapi impian mereka ingin tampil cantik dalam waktu singkat terkadang menyepelekan nalar yang ada, ditambah pengetahuan yang kurang sehingga membuat mereka kurang aware terhadap dirinya sendiri.


Selasa (21/02/2017) saya bersama rekan blogger lainnya mendapat kesempatan untuk menghadiri acara dikantor BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) yang bertajuk “Open House BPOM Bersama Blogger” yang terletak di Aula Gedung C, yang beralamat  di Jalan Percetakan Negara No. 23 – Jakarta. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati HUT BPOM ke-16 yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2017. Hadir para narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Ibu Riati Anggriani, SH., MARS., M.Hum (Kepala Biro Hukum & Hubungan Masyarakat Badan POM), dan Bapak Drs. Tepy Usia, Apt., M.Phil., Ph.D (Kepala Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional Badan POM).

Ibu Riati Anggriani, SH., MARS., M.Hum (Kepala Biro Hukum & Hubungan Masyarakat Badan POM) (Foto:Dokpri)

Ibu Riati menjelaskan bahwa Badan POM adalah suatu lembaga non kementrian yang berada dibawa arahan presiden langsung yang berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan. BPOM memiliki satu kesekretariatan utama yang membawahi Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional, Pusat Penyidikan Obat dan Makanan, Pusat Riset dan Pusat Informasi dengan tiga Deputi, dan  disetiap provinsi Badan POM memiliki Unit Pelaksana Teknis (total 33 UPT).

Badan POM telah bekerja sama dengan KOMINFO untuk menutup situs-situs yang kurang bertanggung jawab dalam maraknya peredaran obat di Indonesia, dan ini merupakan tanggung jawab terbesar kami dalam pengawasan, ujar ibu Riati. Dan Badan POM juga terus mengembangkan system pengawasan dengan sumber daya manusia yang mumpuni. Dan pada kesempatan kali ini ini ibu Riati berharap agar kami para Blogger bisa membantu pihak BPOM lewat media tulisan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang keberadaan BPOM dan contact center Halo BPOM 1500533, agar masyarakat bisa lebih teliti dalam memilih produk untuk dikonsumsi, dan tidak ragu untuk menghubungi pihak BPOM jika menemukan produk, obat atau makanan yang meragukan untuk dikonsumsi.

Tagline Badan POM 
“ Satu Tindakan untuk Masa Depan” & "Baca Label Sebelum Membeli"


Drs. Tepy Usia, Apt., M.Phil., Ph.D (Kepala Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional Badan POM) (foto:Dokpri)

Bapak Drs. Tepy Usia menjelaskan bahwa laboratorium pusat BPOM sudah terakreditasi ISO 17025, diakui secara nasional dan bahkan juga telah diakui akreditasinya oleh WHO. Pada kesempatan kali ini saya bersama rekan blogger lainnya diberikan kesempatan untuk mengunjungi laboratorium, saya bisa melihat langsung aktifitas yang berlangsung di laboratorium, dan juga berbagai fasilitas yang ada disana. Terlihat sekali peralatan dan tingkat keamanan dan sterilisasi laboratorium di BPOM ini sangat terjaga, yang tentu saja sangat berpengaruh pada hasil penelitian.




Jangan lupa lakukan KIK, Yaitu:
Lihat Kemasan
Ijin Edar
Dan masa Kedaluwarsa pada setiap produk.


Saya sangat bersyukur sekali mendapatkan kesempatan berkunjung ke badan POM, menambah pengetahuan saya tentang berbagai produk, sehingga bisa lebih teliti dalam memilih produk baik itu berupa kosmetik, obat maupun makanan yang akan saya konsumsi.




Jangan ragu untuk kontak badan POM ya, jika melihat ada kejanggalan pada suatu produk, ini kontaknya:

Call Center Halo BPOM 1500533
 Sms: 08121 9999 533
Website: www.pom.go.id
Facebook: Bpom RI





4 comments:

  1. wahh betul nih.. emng kalau kita ragu dengan seuah produk.. maka hubungilah BPOM..
    makasih sharenya...

    ReplyDelete
  2. Iyaa kadang ragu, obat & kosmetik yang kita minum dan pake terdaftar gak ya?tapi bingung mau nanya kemana. Trims infonya mb.

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak mbak sekarang saya ga perlu bingung lagi kalau mau minum kosmetik mana yang baik dan mana yang kurang baik hhe

    ReplyDelete
  4. wow, thanks for telling us about this wonderful meeting, I suppose, you have learned a lot of recipes!

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.