Saturday, 21 January 2017

Jakarta Aquarium, Destinasi Satwa di Area Mall


Jakarta Aquarium, Destinasi Satwa di Area Mall


Mengenalkan aneka ragam satwa sejak dini kepada anak-anak mampu menumbuhkan rasa cinta dan sayang kepada ragam hayati yang ada disekitar kita serta menambah pengetahuan mengenai satwa yang ada di negara kita. Keterbatasan lahan yang ada di ibukota semakin mempersempit ruang dan lahan untuk kehidupan para satwa. Dalam rangka merayakan hari jadinya ke-30 Taman Safari Indonesia Group menghadirkan Jakarta Aquarium yang rencananya akan dibuka pada bulan Februari mendatang.


Apa sih Jakarta Aquarium?

Pertanyaan yang sama ketika saya mendapatkan undangan dari Komunias Blogger Crony, dibalik rasa penasaran tentang Jakarta Aquarium makanya saya antusias sekali ketika mendapatkan kesempatan menghadiri pengenalan mengenai Jakarta Aquarium yang diadakan di Restoran Pingoo  yang berada di pusat perbelanjaan Neo Soho di Kawasan Jakarta Barat.


Ibu Elvy HandinyDirector of Sales & Marketing

Jakarta Aquarium merupakan salah satu destinasi baru untuk rekreasi keluarga yang dipersembahkan oleh Taman Safari Indonesia Group berkolaborasi dengan Aquaria Sdn. Bhd. Jakarta Aquarium hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban sebagai tujuan rekreasi keluarga dengan konsep “Urban Escapism”. Menggabungkan kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia dengan teknologi.

Jakarta Aquarium sebagai lembaga konservasi ex-Situ adalah lembaga konservasi yang melakukan aktivitas diluar habitat alaminya. Sebagai lembaga konservasi, Jakarta Aquarium aktif dalam upaya penyelamatan, pengembangbiakkan sebagian satwa yang terancam hilang atau populasinya menurun di dunia terutama di Indonesia.




Jakarta Aquarium hadir di pusat perbelanjaan Neo Soho di kawasan superblock Podomoro City yang terhubung langsung dengan mall Central Park, apartemen Mediterania Garden, dan gedung perkantoran Agung Podomoro Land. Sepertinya Jakarta Aquarium bisa menjadi alternatif pilihan destinasi rekreasi keluarga yang menyenangkan ya diantara yang lainnya. Neo Soho akan menjadi pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang memiliki aquarium laut dalam ruang, beragam biota laut Indonesia akan ditampilkan dalam sejumlah aquarium kaca besar.



Acara pengenalan Jakarta Aquarium ini diadakan di restoran Pingoo yang merupakan bagian dari Jakarta Aquarium, didalam restoran Pingoo ini terdapat aquarium besar yang terdapat pinguin Humboldt yaitu spesies pinguin sub tropis yang berasal dari Amerika Selatan (Peru dan Chile). Sebagai penghormatan nama Humboldt diambil dari nama Alexander Von Humboldt seorang penjelajah kebangsaan Jerman yang banyak meneliti satwa dan tumbuhan diberbagai belahan dunia. Pinguin Humboldt ini merupakan generasi ketiga yang dikembangbiakkan oleh Taman Safari Indonesia. Bila dilihat secara seksama pada setiap pinguin yang berada di Pingoo ini ada terdapat cincin, sebagai info saja itu bukan aksesoris tapi merupakan KTP atau identitas tiap pinguin yang ada disana. Dengan adanya cincin tersebut bila di scan akan terlihat identitas  mengenai asal, angkatan berapa dan sebagainya tentang pinguin tersebut. Pemasangannya juga dilakukan dengan sangat professional.

Jakarta Aquarium berdiri berdasarkan menjawab tantangan dari bapak presiden Jokowi ketika kunjungan kerja ke beberapa negara di Asia Tenggara. Pada saat itu bapak Presiden pernah bertanya, mungkin gak kalau di Indonesia memiliki tempat seperti aquarium di negara tersebut, kebetulan dalam rombongan bapak presiden ada perwakilan dari Taman Safari Indonesia. Menurut bapak Leo Loemanto, selaku Public Relation dari Jakarta Aquarium, nanti insya allah bapak Presiden Jokowi sendiri yang akan meresmikan Jakarta Aquarium ini bila tidak ada halangan. Pada acara pengenalan Jakarta Aquarium ini juga dihadiri oleh ibu Elvy Handiny, Director of Sales & Marketing dan bapak Biswajid Guha selaku Kurator Taman Safari Indonesia.


Bapak Leo Loemanto, selaku Public Relation dari Jakarta Aquarium

Keberadaan Jakarta Aquarium ini berdasarkan dari:
  • UU No.5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.
  • Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indoesia No. P.31 tentang Lembaga Konservasi.


Fungsi dari lembaga konservasi adalah sebagai tempat pendidikan, peragaan, penitipan satwa sementara, sumber indukan, cadangan genetik untuk mendukung populasi in-situ, sarana rekreasi yang sehat, dan sebagai sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.




Jakarta Aquarium sebagai taman satwa tentunya memiliki satwa yang dikoleksi sekurang-kurangnya 2 (dua) kelas taksa; memiliki luas area sekurang-kurangnya 2 (dua) hektar; memiliki jenis satwa yang dilindungi dan juga satwa yang tidak dilindungi atau satwa asing; memiliki sarana pemeliharaan dan perawatan satwa sekurang-kurangnya terdiri dari kandang pemeliharaan, perawatan dan pengembangbiakan, kandang peragaan, prasarana pendukung pengelolaan satwa yang lain; memiliki fasilitas untuk pengunjung antara lain seperti pusat informasi umum, toilet, kantin atau restoran.




Menurut pak Leo, Jakarta Aquarium berusaha memberikan yang terbaik bagi satwa agar terasa nyaman serasa tetap berada dirumahnya sehingga tidak merasa terdzolimi atau tercabik dari habitatnya. Pengelola Jakarta Aquarium memberikan perawatan yang terbaik dan tercanggih yang ada sekarang ini misalkan dengan PH air dan kebersihan yang terjaga, dan menjaga kesehatan satwa dengan dokter hewan yang siaga. Sebagai info saja Jakarta Aquarium telah memenuhi standar internasional Association of Zoos and Aquariums (USA).

Satwa yang terdapat di Jakarta Aquarium terdiri dari berbagai jenis satwa air dan darat. Satwa yang berada di Jakarta Aquarium ini merupakan satwa endemik Indonesia. Beberapa atraksi yang ada di Jakarta Aquarium nanti yaitu Pearl of The South Sea dan Teater 5D. Aktivitas edukasi yang ada yaitu touch pool (kolam sentuh), otter tunnel, kids classroom, diving dan seatrek. Demi kenyaman pengunjung Jakarta Aquarium juga melengkapi fasilitas pendukung seperti loker, akses masuk untuk kursi roda, toilet dan kamar mandi, ruang ganti bayi, wifi, souvenir shop dan cafetaria atau restoran.

Info harga tiketnya, weekdays mulai dari Rp. 220.000,- – Rp. 550.000,-. Untuk weekend/holiday mulai dari Rp. 290.000,- – Rp. 600.000,-. Anak maksimum umur 2 tahun masuk gratis. Metode pembelian tiket dapat dibeli secara langsung di lobby Jakarta Aquarium maupun secara online melalui website www.jakarta-aquarium.com atau aplikasi Jakarta Aquarium. 

Jakarta Aquarium menawarkan paduan rekreasi keluarga antara pendidikan dan hiburan petualangan yang menonjolkan keanekaragaman hayati Indonesia. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Jakarta Aquarium, bisa melalui akun sosial medianya, antara lain:

Facebok Page: Jakarta Aquarium
Instagram: @jakartaaquarium
Twitter: jaq_id
Google+: Jakarta Aquarium 

29 comments:

  1. keren banget Jakarta udah punya aquaroum di dalam mall, sayangnya harganya sampai 600k mahal banget kak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nanti ada kebijakan baru ya mengenai harganya :)

      Delete
  2. wah keren, pengen banget ke tempat aquarium kaya begitu. tapi kok harganya mahal ya mba :(

    blog.viniamanda.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena by maintenancenya mihill x mba :)

      Delete
  3. Bagus ya ,bisa memperkenalkan biota laut pada anak-anak di Jakarta Aquarium

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya mba bikin penasaran hehehe

      Delete
  4. Kunjungan perdana mbak,salam kenal.
    mampir ya di blogq :)

    ReplyDelete
  5. cantik nian aquariumnya ya mbak..jd pingin kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aq jg penasaran pgn liat aslinya nnti mba :)

      Delete
  6. Harga tiket masuk nya lebih mahal dari pada harga tiket taman safari bogor ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena didampingi ruangan x ya mba bunganya jd lbh mihil

      Delete
    2. Mungkin karena di dalam ruangan x ya mba makanya budgetnya lbh mahal :)

      Delete
  7. wah baru tahu ini, masih baru ya

    ReplyDelete
  8. Keren banget konsepnya! Gak sabar ingin segera berkunjung ke Jakarta Aquarium. :D

    ReplyDelete
  9. satu satunya di Indonesia kah? keren banget kak, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  10. baru tau di Jakarta ada aquarium sebesar itu, amazing mba

    ReplyDelete
  11. terimakasih infonya kak, daripada liburan gak jelas bersama anak2, mendingan liburannya kesini bisa buat pengetahuan dan pelajaran bagi anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada edukasinya ya buat anak2 :)

      Delete
  12. Selama di jakarta belum pernah kesini bareng keluarga #Hikss.
    Kapan-kapan kesini ahh,, kayanya seru yahh bund

    ReplyDelete
  13. Ada kah binatang yang di eksploitasi di sana? Kalo ndak ada aku pasti mampir

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete
  14. wah patut dicoba nih kesini, kalo pas ke jakarta.. tulisannya bagus mba.. btw salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba sri al hidayati
      salam kenal jg ya :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.