Wednesday, 23 November 2016

Mengenal Kain Kulit Kayu Melalui Workshop Clutch Cantik


Mengenal Kain Kulit Kayu Melalui Workshop Clutch Cantik



Indonesia tempat beragamnya macam jenis kain antara lain batik, ulos, songket, tenun, lurik sampai jumputan. Dan ternyata sebelum kita mengenal bermacam jenis kain sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita sudah melestarikan penggunaan kain yang berbahan kayu yang ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu sebelum kain dari tekstil dikenal luas.

Sabtu (12/11/2016) bertempat di Museum Tekstil dikawasan Tanah Abang di Jakarta Pusat, saya bersama rekan blogger lainnya berkesempatan mengikuti workshop clutch berbahan kain kulit kayu. Saya sangat tertarik ketika pertama kali mendapatkan informasi ada workshop membuat clutch yang diadakan oleh komunitas Kriya Indonesia yang digaungi oleh mbak Astri Damayanti sebagai foundernya, bekerjasama dengan Brother Indonesia. Untuk pertama kalinya saya melihat bahan baku utama pembuatan clutch yang menggunakan kain kulit kayu. Selama ini saya kemana aja ya, saya rasa banyak dari generasi muda yang baru mengetahui bahan kain kulit kayu. Betapa kayanya negeri saya ini begitu banyak potensi alam  yang sangat bernilai tinggi yang bisa dieksplor keragamannya.

Workshop kali ini merupakan pengalaman pertama saya membuat clutch, dan pertama kalinya juga saya menggunakan mesin jahit, kesan pertama saya “wow” banget. Saya bisa menjahit sebatas menjahit biasa menggunakan tangan, sebatas untuk menjahit hal-hal kecil misalkan baju robek atau celana robek saja.




Bahan utama dan peralatan membuat clutch, yaitu:

  • Kain kulit kayu
  • Kain keras
  • Kain pelapis (Trikod)
  • Kain satin motif, bisa juga dipakai kain batik (untuk mempermanis penampilan)
  • Kancing magnet
  • Gunting
  • Jarum pentul



Langkah pertama yaitu semua bahan kain disetrika, tujuannya untuk menyatukan semua bahan. Pengerjaannya lumayan memakan waktu untuk menyatukan kain kulit kayu agar bisa menempel dengan bahan kain lainnya. Dengan alat bantu jarum pentul diharapkan bahan yang disetrika tidak akan bergeser dan bisa menempel dengan sempurna.

Setelah bahan utama sudah merekat sempurna, mulailah dijahit sabungan antara kain kulit kayu dan kain motif agar kuat melekat, untuk pemilihan jenis macam jahitan bisa dipilih sesuai selera agar terlihat cantik. Mesin jahit Brother yang saya pakai type GS 2500 ini sangat bagus memiliki 25 macam jenis jahitan, suaranya juga halus, keren banget.




Tahap selanjutnya pemasangan kancing magnet dikedua sisi atas dan bawah yang difungsikan untuk mengaitkan clutch agar bisa tertutup sempurna. Setelah selesai pemasangan kancing, kedua sisi clutch dijahit rapih dan mulai dibentuk menjadi clutch. Perlu kreatifitas dari masing-masing individu agar bentuk penutup clutch terlihat beda dan cantik.




Walaupun masih banyak kekurangan disana sini pada hasil jahitan clutch saya, tetapi sebagai penjahit dadakan saya banggalah dengan hasil karya saya ini, secara ya kalau bukan saya siapa donk yang mau memuji hasil karya sendiri hehe..

Di zaman modern saat ini sesuatu yang unik bisa menjadi nilai jual tinggi, lewat tangan orang-orang kreatif banyak nilai seni tinggi yang bisa dihasilkan dari kain kulit kayu yang tentu saja bisa menghasilkan nilai ekonomi tinggi bagi masyarakat sekitar dan tentu saja bisa jadi pemasukan untuk negara juga.




Terima kasih banyak ya untuk mba Astri Damayanti dari Kriya Indonesia yang sudah mengajak saya, dan Brother Indonesia yang sudah memfasilitasi workshop pembuatan clutch. Semoga next saya bisa ikutan lagi ya diacara lainnya.

15 comments:

  1. Dompet yang dibuat dengan kain tradisional, seperti kulit kayu ternyata hasilnya keren. Jadi ingin praktik (lagi). Apalagi kalau ditunjang dengan mesin jahit yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin nagih ya ndu,smoga next kita bs jadikn lahan bisnis kalau sdh pinter menjahit :)

      Delete
  2. aku jadi ingin punya mbak. buat orang di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar tambah disayang orang rumah ya hehe

      Delete
  3. Kayaknya bisa nih order di mba Ria. Lumayan kan ya mba nambah penghasilan. HIhihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tapi aq belajar dl mba biar pinteran dikit biar tambah cakep produksinya #khayalan tingkat tinggi :)

      Delete
  4. wah cantik betul kainnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih :P
      eh kainnya ya yg cantik bukan aku hihi..

      Delete
  5. Selain jadi nya dompet apa lagi mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada baju dll mba
      kebetulan sy ikut workshop yg clucth :)

      Delete
  6. pasti seru banget ya mbak? next time mau deh ikutan

    salam
    gabrilla

    ReplyDelete
    Replies
    1. slm knl gabrilla, trims sdh mampir ke blog aq :)

      Delete
  7. Keren ya mbak... Saya suka-saya suka kreatif

    ReplyDelete
  8. Sumpah clutch nya gemesin! <3

    Salam,
    Oca

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.