Monday, 11 July 2016

Kemegahan Terminal 3 Ultimate, Siap Memberikan Kenyamanan


Kemegahan Terminal 3 Ultimate, Siap Memberikan Kenyamanan


Sabtu (02/07/2016) saya bersama rekan blogger dan media diberikan kesempatan untuk mengeksplor terminal 3 ultimate di bandara Soekarno Hatta atas undangan dari Angkasa Pura II melalui citizen journalism Liputan 6. Saking antusiasnya saya sampai lokasi meeting point di SCTV Tower sebelum jam 12.00 sesuai waktu yang disepakati. 
citizen journalism Liputan 6

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/yayat/di-terminal-3-soekarno-hatta-yang-modern-pak-jokowi-bermain-dengan-kayu_57839f1bf29273250ee800c4

Eksterior Terminal 3 Ultimate

Begitu rekan blogger dan media sudah terkumpul semua, perjalanan ke terminal 3 ultimate segera dimulai, selama perjalanan banyak sendau gurau antara teman-teman blogger sehingga membuat perjalanan tidak terasa lama. Begitu tiba di lokasi kita semua di sambut oleh bapak Haerul Anwar selaku PR Manager, bapak Haerul banyak memberikan informasi mengenai terminal 3 ultimate yang sedang dalam tahap finishing. 

Bapak Haerul Anwar sedang memberikan informasi mengenai Terminal 3 Ultimate 

Terminal 3 ultimate ini dibangun dengan sangat megah dan luas, berdesain futuristik, Arsitekturnya gabungan antara art dan modern, desain terminal 3 ini hasil karya arsitek lokal loch yaitu dari tim Biro Arsitek Atelier 6, yang salah satu Arsiteknya bernama bapak Benyamin.  Dengan luas sekitar 422.804 m2 dan panjang 2,4 km terminal ini mampu menampung kapasitas penumpang sekitar 25 juta penumpang pertahun. 


Interior Terminal 3 Ultimate

Angkasa Pura II merencanakan akan mengalokasikan 18 juta penumpang untuk Garuda Indonesia dan maskapai yang tergabung dalam SkyTeam, sedangkan sisanya untuk maskapai lain yang memiliki rute internasional. Dengan total gate penerbangan mancanegara 10 gate dan domestic 18 gate, selain berkonsep modern terminal ini juga menerapkan teknologi terkini, sehingga bisa bersaing dengan bandara keren lainnya seperti bandara Changi di Singapura. 





Di area bording lounge banyak dilengkapi oleh furniture sofa modern dan beraneka warna, dan bagi yang mempunyai balita dan anak-anak juga tersedia area kids untuk tempat bermain. Area yang luas membuat suasana terlihat sangat nyaman sehingga tidak membuat bosan para calon penumpang, dengan kaca-kaca besar pemandangannya bisa langsung menuju ke apron dan landasan, dan kita juga bisa melihat aktifitas pesawat landing dan lepas landas.





          Kids area & sofa di area bording lounge


Beberapa kecanggihan teknologi modern yang ada di terminal 3 ultimate, antara lain:

  • Baggage Handling System (BHS) level 5, yang bisa mendeteksi bahan peledak atau bom. Apabila suatu barang terdeteksi bom, maka akan langsung dimasukkan ke bom blanket yang akan segera ditindaklanjuti oleh pihak berwenang. 
  • Dari sisi keamanan terdapat Airport Security System (ASS) yang berfungsi layaknya intelijen, dengan teknologi ini CCTV dapat mendeteksi wajah penumpang pesawat atau pengunjung bandara yang masuk ke dalam daftar pihak berwajib.
  • Fully IBMS (Intelligence Building Management System), teknologi ini mengatur agar terminal 3 menjadiu suatu bangunan yang mengusung konsep eco green, yaitu mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik dan sebagainya.
  • Rain Water System, yaitu teknologi yang memanfaatkan air hujan sehingga air hujan tersebut dapat digunakan sebagai air bersih.
  • Recycle Water System, suatu teknologi yang mampu mengolah air toilet untuk kembali menjadi air toilet, sehingga dapat menghemat penggunaan air.
  • Dan adanya system penerangan menggunakan teknologi yang mengatur terang dan redup secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca.

Beberapa lukisan karya pelukis Indonesia


Terminal 3 ultimate juga dirancang sebagai terminal transit sejumlah maskapai penerbangan internasional. Untuk menunjang itu dibutuhkan fasilitas, sarana dan prasarana yang baik. Penggunaan banyak material kaca diupayakan untuk dapat menghemat pemakaian lampu, di terminal 3 penggunaan material lampunya LED. 

Untuk menambah keindahan interior dilengkapi dengan berbagai lukisan para pelukis ternama, antara lain karya pelukis Nyoman Nuarte, Eko Nugroho, Angki Purbandono, Nus Salomo, Tromarama, Eddi Prabandono, Pintor Sirait, Awan Simatupang, Ichwan Noor, Indiguerillas, Galam Zulkifli, dan Sardono W. Kusumo.


Bapak Budi Karya S. & Cut Memey


Pada acara blogger dan vlogger mengeksplor terminal 3 ultimate ini juga turut hadir bapak Budi Karya Sumadi selaku Direktur Utama, ada juga artis Cut Memey yang turut hadir bersama keluarganya yang mengatakan bahwa terminal 3 ultimate ini mirip dengan bandara di Vancouver - Kanada, kebetulan suaminya Cut Memey adalah warga negara Kanada. Selain itu juga turut hadir vokalis Candil yang turut bangga dengan hadirnya terminal 3 ini karena kenyaman yang ditawarkan serta tempatnya yang luas sehingga sirkulasi udaranya juga terasa sangat nyaman.


Rocker Candil


Dengan hadirnya terminal 3 ultimate ini yang berstandar internasional semoga bisa menjadi pintu gerbang bagi pariwisata kita, dan bisa membuat turis asing lebih banyak lagi berkunjung ke negara kita, sehingga bisa menambah devisa negara. Sukses untuk Angkasa Pura II yang sudah mewujudkan bandara yang nyaman untuk kita semua.

18 comments:

  1. ih keren banget ya, sip lah bandara itu kan pintu gerbang bagi wisatawan jadi harus tampil representatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba tira jd msti kece donk yaa biar menarik :)

      Delete
  2. Replies
    1. Bangga ya kita mas bs pnya bandara bertaraf internasional :)

      Delete
  3. keren ya, semoga semakin banyak yang berkunjung ke Indonesia ya, dan semoga semua ikut membantu pemeliharaan terminal 3 ini, supaya gak hanya bagus di awalnya aja, tapi juga semakin bagus nantinya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn..semoga ya mba indah masyarakat kita bisa turut membantu menjaga agar tetap bagus demi kenyamanan bersama :)

      Delete
  4. Bener2 bikin bangga Indonesia ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..akhirnya ya mba arni kita punya juga bandara yg keren hehe..

      Delete
  5. Wah ada ruang buat main anak. Anak2 pastinya gk bete klo nunggu di sana :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb april, di boarding roomnya ada area kids utk permainan anak2, dijamin para ortu ga khawatir anaknya jd rewel deh klo nunggu lama :)

      Delete
  6. Beneran megah deh itu terminal 3, tempatnya asyik foto-foto juga, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mas fawwaz byk spot cakep :)

      Delete
  7. Sudah sering lewat terminal 3 tapi waktu belum dipugar, terutama kalau jaman dulu naik Mandala & kalau skrg Air Asia. Sekarang pasti seasyik lounge khusus ya. Ini sudah beroperasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk domestik baru sebagian kynya mba :)

      Delete
  8. Semoga beneran ultimate, dan bangsa ini bisa menjaga nya bukan hanya membangun nya

    Kalo gw ngebayangin pengen punya bandara kayak mall,semacam di Changi atau Lcct

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu trkdg maintenance yg kurang, syg bgt fasilitas yg udh dikasih tp ga bs dirwt, smoga mayoritas masyarakat kita sdh mulai bs merubah kebiasaan buruknya ya mas.
      Klo terminal 3 lebih ke art mas yg ditonjolkan, utk berbagai fasilitasnya sdh hampir sama ko :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.