Tuesday, 17 May 2016

HASILKAN KARYA DI EVENT CREATIVE WORKSHOP 1000 BUNGA, DI SMESCO DIGIPRENEURDAY




HASILKAN KARYA DI EVENT CREATIVE WORKSHOP 1000 BUNGA, DI SMESCO DIGIPRENEURDAY
Para pengajar dan pemenang lomba kompetisi workshop 1000 bunga berfoto bersama

Setiap mengunjungi gedung Smesco Indonesia di SME Tower selalu menyenangkan, karena selain dapat ilmu dan info menarik di setiap eventnya, disini saya juga bisa mendapatkan manfaat lain dengan melihat berbagai koleksi menarik dari stand para pelaku UMKM yang menyajikan berbagai barang kerajinan menarik yang sangat jarang bisa saya temui di pusat perbelanjaan lain di kota Jakarta.  

Sabtu (14/05/2016) Galeri Indonesia WOW kembali mengadakan acara keren yaitu Smesco Digipreneurday yang bertema Natural Beauty in Digital Era. Tema yang dipilih kali ini sangat menarik karena bisnis yang berbasis kecantikan sangat menjanjikan, di era digital seperti saat ini segala sesuatu yang berhubungan dengan kecantikan pasti banyak menarik minat para konsumen, dan siapa pun kita pasti selalu ingin terlihat cantik dan menarik.

Acara hari ini berjalan dengan sangat meriah sekali karena terdiri dari beberapa rangkaian acara, ada seminar, creative workshop dan juga open casting untuk film Galih dan Ratna. Saya tertarik mengikuti salah satu eventnya yaitu mengenai creative workshop 1000 bunga yang diprakasai oleh Khatulistiwa Indonesia Quilt bekerjasama dengan Galeri Indonesia WOW (Smesco Indonesia). Dan kali ini saya akan membahas lebih jauh tentang event creative workshop 1000 bunga.

Sebenarnya saya kurang menguasai bidang menjahit, tapi entah kenapa saya tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang workshop 1000 bunga ini. Pada kegiatan workshop ini para peserta diuji kemampuannya mengerjakan seni patchwork yaitu membuat bunga hexagon yang terbuat dari potongan kain perca dan potongan kertas bekas yang dibentuk segi enam lalu disulam dengan bantuan jarum, sebaiknya menggunakan bahan katun karena lebih mudah dibentuk.


Pola bunga hexagon

Sebenarnya apa sih patchwork itu, itu pertanyaan yang sama yang pernah ada dalam benak saya. Patchwork merupakan gabungan dua kain atau lebih baik yang sama motifnya atau pun yang berbeda motif yang dijahit sedemikian rupa hingga membentuk sebuah hasil karya yang cantik, kemudian di quilt lagi agar tampilannya menjadi lebih menarik.

Program satu juta bunga ini mulai pada akhir bulan Maret 2016 hingga akhir bulan Maret 2017. Kegiatan ini kerjasama Pesona Perca Nusantara dan Khatulistiwa Indonesia, yang merupakan kegiatan sederhana yang dilakukan secara bersama-sama, dan dikerjakan dengan cara menjahit dengan tangan dan menggunakan barang-barang yang ada disekitar kita, memanfaatkan barang seperti kertas bekas dan limbah dengan bahan baku kain perca. Selain bahan kain perca biasa, kita juga bisa menggunakan bahan kain nusantara yaitu dari batik.


Para peserta creative workshop 1000 bunga

Melihat pola bunga hexagon ini, saya jadi teringat masa disekolah dasar dulu, saya pernah diajari kegiatan kreatif seperti ini sehingga menjadi sebuah alas meja atau taplak meja yang cantik. Tips menarik dari salah seorang pengajar, untuk menjahitnya sebaiknya bahan dicuci dahulu untuk menghilangkan warna pertama dan juga agar hasil jahitan bisa lebih rapat dan bagus. Pola hexagon ini bisa dibuat menjadi pouch, tas, bedcover dan lain sebagainya.

Tujuannya diadakan workshop ini untuk lebih memperkenalkan seni patchwork dan quilting, dan memperkenalkannya ke dunia luar bahwa di negara kita juga punya quilter yang bermutu, dan kita bisa bersaing di kancah internasional.   


Hasil akhir peserta workshop

Bapak Ahmad Zabadi selaku Direktur Utama LLP KUMKM, berharap agar para start-up business dan pelaku KUKM dapat menjadikan Smesco sebagai tempat pembelajaran dan sekaligus sebagai akses pasar produk KUKM di tanah air. Saya pribadi termasuk yang gencar mengajak rekan dan keluarga untuk mengunjungi gedung Smesco. Karena banyak dari teman saya yang hanya tahu kalau di gedung Smesco ini adalah hanya tempat perhelatan perkawinan. Dengan hanya berkunjung ke Smesco kita bisa melihat berbagai ragam karya anak bangsa dari berbagai provinsi dengan hasil karya yang bagus, unik dan membuat kita berdecak kagum.

Event di bulan Oktober

Khatulistiwa Indonesia akan mengadakan pameran dibulan Oktober nanti dengan mempersembahkan karya Quilt dan Sulam anak bangsa, disertai dengan guru tamu dari Jepang yaitu Reiko Kato tentunya dengan lomba kompetisi dengan hadiah yang lebih menarik. Smesco setiap bulan selalu mengadakan kegiatan dan event rutin dengan tema dan topik yang selalu menarik dengan narasumber yang berkompeten dibidangnya. 

Untuk mengetahui info kegiatan menarik di Smesco, jangan lupa ya selalu update infonya di sosial media Smesco:
Twitter: @g_indonesiawow
Instagram: @g_indonesiawow

10 comments:

  1. Wah, saya ingin belajar nih khususnya menjahit. Di rumah ada mesin jahit, tapi kalo menjahit tetap aja pake jarum jahit manual dg tangan, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini jg dgn tgn teh hanya hasil akhirnya aja dirapihkan dgn mesin :)

      Delete
  2. Waa.. png ikutan juga. Kmampuan jahit masih std nih. Hihi.. seru bgt ya mak acaranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss mak aq jg ga bs jait, kmren modalnekat aja ikutn hihi

      Delete
  3. Quilting, sudah lama kepengin belajar itu, kayanya kok aseek ya.
    Trims sharingnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak nefertite yukk bljr, next artikel aq slnjutnya aq ulas tntg tmpt kursusnya yah :)

      Delete
  4. Acara di Smesco selalu seruu

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Next aq ulas tntg tmpt kursusnya ya mak,,ditunggu :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.