Monday, 15 February 2016

SMESCO SOUND PROJECT, EVENT GENERASI MUDA MELALUI INDUSTRI KREATIF MUSIK





Kesan pertama saya ketika melintas di gedung Smesco yang berdesain unik yang terletak di jalan Gatot Subroto adalah wadahnya produk UKM dan tempat perhelatan pernikahan, karena pertama kali saya datang ke Gedung Smesco ketika rekan saya melangsungkan pernikahan di gedung ini.

Kunjungan kedua saya ke gedung Smesco adalah ketika saya mendapatkan undangan dari Brid Reporter untuk meliput kegiatan event “Smesco Sound Project” yang diadakan selama dua hari yaitu dari tanggal 12-13 Februari 2016 yang dilaksanakan secara parallel di lantai dasar dan lantai 2 Galeri Indonesia WOW. Saya kebetulan dapat waktu pada hari Sabtu, saya mendapatkan kesempatan untuk menjelajah area lantai dasar dan lantai 2 dengan berbagai produk khas Indonesia yang sangat menarik. 




Bisa dipastikan setiap orang pasti menyukai musik, bahkan ada pepatah yang mengatakan hidup tanpa musik seperti sayur tanpa garam. Musik disukai hampir semua orang bahkan lintas usia, mungkin hanya genrenya saja yang berbeda. Masa muda adalah masa keemasan dimana segala kreatifitas dan keinginan berkarya sedang bergelora, sehingga inilah yang ingin dicapai oleh LLP KUKM.

Galeri Indonesia WOW yang berada di gedung Smesco merupakan tempat untuk pengembangan pasar bagi produk-produk UKM, sekaligus tempat untuk pengembangan produk-produk serta sebagai sarana pembelajaran dengan berbagai kegiatan workshop dan pelatihan.

Memasuki area Galeri Indonesia WOW (GIW), mata kita akan dimanjakan oleh aneka fashion batik, mulai dari pakaian wanita, kain batik, hijab, aksesoris, tas bahkan sepatu yang dibuat dari bahan baku kain batik, songket dan tenun. Selain etnik produk berbahan baku batik juga terkesan unik dan mewah.




Pada event Smesco Sound Project ini tampak kaum muda yang terdiri dari para pelajar dan mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti acara ini, Sound Project ini diadakan dengan harapan mampu menumbuhkan minat berwirausaha bagi generasi muda melalui industry kreatif musik atau yang biasa disebut sebagai “musicpreneur”.

Gladi resik peserta Sound Project

Pada acara tersebut digelar beberapa acara antara lain yaitu:

Fashion Show oleh Komunitas Hijabers
Coaching Clinic Bass
Demo Clinic dengan tema “Construction Band Equipment”.
Bisik (bincang asik)
Stomb Percussion Performance
Sahabat Anak Community Performance
Stand Up Comedy
Band Competition
Lomba Desain Logo
Workshop “Music & Trend”.

Di Galeri Indonesia WOW selain aneka produk fashion, terlihat juga berbagai macam pernak pernik menarik yang terbuat dari silver. Ada aneka pajangan berbentuk wayang dan aneka aksesoris yang terbuat dari kayu. Ada juga ukiran kaligrafi yang indah serta ukiran aneka macam bentuk yang terbuat dari kayu khas Lombok. Terdapat juga aneka kerajinan, pajangan berbentuk radio kuno, sepeda mini dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara LLP-KUKM Kementrian Koperasi dan UKM dengan Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah di wilayah Jabodetabek yaitu Universitas Islam Assyafiah, SMK Jakarta Islamic School PKP, MAN 3 Jakarta, dan SMK Cikini. MoU ini meneruskan setelah sebelumnya sudah ada 20 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang telah MoU, tentang memanfaatkan SMESCO sebagai Laboratorium Kewirausahaan, termasuk perkuliahan bidang studi kewirausahaan yang dilaksanakan di Creative Space dan Maker Space.


Industri kreatif kerajinan rotan


Industri kreatif wayang dan aksesoris


Industri kreatif Ansor's silver

Menyelami aneka produk kreatif di Galeri Indonesia WOW ini akan membuat kita makin bangga menjadi orang Indonesia, jadi kata siapa produk luar negeri lebih bagus dari produk dalam negeri. Jadi untuk kamu yang mencintai produk dalam negeri wajib mengunjungi Galeri Indonesia WOW, karena banyak produk-produk lokal keren dengan berbagai macam pilihan yang bisa kamu dapat disini.


Kreasi patung dari kayu





Industri kreatif kaligrafi




Untuk kaum muda mari mulailah berkarya, dengan produktif untuk meraih prestasi melalui bakat yang kamu punya.
Yang belum sempat mengunjungi dan ingin tahu kemeriahan acara SMESCO Sound Project, bisa melihat melalui majalah SMESCO disini ya.

Untuk mengetahui lebih banyak acara yang ada di Smesco, yuk follow dan kunjungi sosial media Smesco Indonesia, antaran lain:

Fanpage FB: smescoindonesia
Instagram: smescoindonesia




30 comments:

  1. sudah seharusnya berbisnis sejak dini, untuk melatih mental wirausaha di masa depan, btw blog nya ok

    ReplyDelete
  2. Asyik juga ya acara SMESCO...terutama buat para young enterpreuner nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bgs bgt mba, Smesco turut mendukung slh satunya mnyediakn tmpt sbagai sarananya :)

      Delete
  3. Kegiatan semacam ini bagus ya, ngak nyangka banyak jg anak muda Indonesia yg hebat dlm berkarya, moga sukses semua karya2nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba aprillia, smoga makin byk anak muda yg mnyalurkn bkt dan hobbynya dijakur yg positif demi masa dpn yg lbh baik, Aamiin ya :)

      Delete
  4. kalo acaranya ada lagi bagi infonya ya mbak? saya pengen banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak saya juga pengen. ini email saya randigustav@gmail.com

      Delete
    2. @awfa: bisa menghubungi pihak Smesco lgsung mas, dg cara follow akun sosmednya yaa :)

      Delete
    3. @randi: lgsung follow akun sosmed Smesco ya mas :)

      Delete
  5. Sayang saya jauh Mba ria seandainya dekat boleh juga liat-liat kegiatannya..heee

    ReplyDelete
  6. Mantap nih acara, kereeen pokoknya salute dah

    ReplyDelete
  7. Saya malah belum sempat masuk ke gedung ini Mbak...
    cuma sering lewat aja dan mengintipnya dari balik jendela busway hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukk kpn2 bareng aku teh cuci mata disitu byk kerajinan produk UKM yg keren2 teh :)

      Delete
  8. aku belum pernah ke smesco, padahal udah tahu lama,

    ReplyDelete
  9. Acara SMESCO memang patutlah kiranya di gaungkan di seantero pertiwi ini, kemanfaatan dan motivasi buat anak muda menjadi lebih kreatif dan maju jadi meningkat dengan adanya acara SMASCO ini teh geura

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabtu ini ada event #WowCreativeDay bertema Soul of Bandung yang akan dihadiri oleh kang Ridwan Kamil, kalo ada waktu dtg ya :)

      Delete
  10. saya mendukung banget, mungkin kata2 bisnis masih terlalu berat, cuman minimal harus membiasakan jualan hehe

    ReplyDelete
  11. Acara yang sangat memotivasi buat anak muda mau berbisnis,terutama buat saya yang ingin bisnis tapi belum tahu ilmunya,,jadi pingin ke Smesco

    ReplyDelete
  12. iy nih. Gedung ini sangat bermanfaat baget. sering ngadain acara2 mengenai kewirausahaan. Dulu pernah sih datang ke gedung ini ikut acara kewirausahaan. seru banget emang

    ReplyDelete
  13. aku juga suka datengin acara-acara kayak gini, lumayan bisa nambah-nambah wawasan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nmbah ilmu dan pertemanan ya mas :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.