Tuesday, 12 January 2016

SINGAPOREAN HAWKER FOOD






Menu olahan daging kepiting selalu menarik minat para pecinta kuliner, ini bisa terlihat di setiap tempat makan seafood baik sekelas restoran maupun warung tenda kaki lima sajian menu olahan kepiting selalu ramai dikunjungi para penikmat menu olahan daging kepiting.

Selain gurih olahan daging kepiting juga kaya akan nilai gizi dan protein. Hari Sabtu kemarin saya sempat menghadiri demo masak yang diperagakan oleh chef Marcel Selamat, seorang chef handal yang kali ini mengolah menu makanan khas Singapore, acara ini di sponsori oleh Tasty Singapore dan radio Female.

 
Chef Marcel Selamat
 
Chef Marcel memberikan tips bagaimana cara memilih kepiting yang segar, kepiting segar biasanya tidak berbau, selain dari aromanya yang masih segar pilihlah kepiting yang setidaknya masih bergerak jangan yang sudah mati. Kepiting berdaging umumnya terasa berat jika diangkat. Pilihlah kepiting yang disimpan di tempat kering dan tanyakan pada penjualnya kapan kepiting ditangkap karena idealnya harus dimasak dalam dua hari setelah penangkapan.

Chef Marcel kali ini ingin mengolah Chili Crab atau lebih dikenal kepiting saus pedas Singapore, sebagai menu kepiting khas Singapore. 

 CHILI CRAB

Chili Crab

Pertama kepiting di bersihkan siapkan bumbu-bumbu seperti cabai merah dan cabai kering, lengkuas, bawang merah, bawang putih, serai, kemiri, cabai rawit, air jeruk nipis. 

Yang membuat masakan ini wangi semerbak adalah adanya tambahan bumbu belacan yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama terasi, harum aroma masakannya membuat siapa pun yang menghirupnya menjadi mendadak lapar :-)

Selain tambahan bumbu terasi yang membuat spesial adanya tambahan penggunan tauco juga di menu chilli crab ini.

FISH NOODLE SOUP

Menu kedua yang spesial yaitu fish noodle soup, menu masakan ini sangat cocok kalau dikonsumsi disaat musim hujan, selain menghangatkan rasanya yang nikmat juga mampu menggugah selera makan kita.

 
Fish Noodle Soup

Yang membuat spesial pada menu ini adalah penggunaan kuah kaldunya yang didapat dari rebusan ikan teri asin, itu yang menjadi ciri khas soup ini. Bagi yang tidak terbiasa mengkonsumsi kaldu ikan teri bisa diganti dengan ikan atau makanan seafood lainnya tapi namanya jadi bukan fish noodle soup lagi yah hehe..

Noodle disini menggunakan bihun, bahan utamanya menggunakan bakso ikan, kecap asin, minyak wijen serta menggunakan tambahan cabe rawit untuk menambah rasa pedasnya. Untuk tambahannya bisa ditaburkan bawang goreng, irisan daun bawang.

Bagaimana tertarik untuk membuatnya untuk disajikan untuk keluarga tercinta di rumah.
Selamat mencoba :-)

10 comments:

  1. kepitingnya menggodaaah
    love it..
    smp2 anak2 juga tertular suka kepiting..sayangnya sy yang harus mengeksekusi sang kepiting meski mrk yang makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya bgtu mba ophi, aq jg kdg rada ribet mengeksekusinya maunya tgl mkn hihi

      Delete
  2. Wah kepiting memang lezat.. Suka olahan kepiting yang pedas.

    ReplyDelete
  3. Aku pikir ini td cuma review kuliner atau acara masak. Ternyata di bawahnya ada resepnya. Heehehe krn tulisannya ga berbentuk susunan resep. Tp berbentuk cerita.. hehehe tfs ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mb nurul berhub aq ga jago masak bsnya crita jd ya gt dh hehr..

      Delete
  4. kepitingnyaa menggoda bangeeettt :(

    Love,
    www.helloolaayu.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba ola trimakasih kunjungannya n slm kenal :)

      Delete
  5. Itu kepitingnya serasa memanggil-manggil lidah mbak, baru lihat gambarnya aja udah ngiler nih... apalagi kalo kesitu ya, pasti bisa nambah berkali-kali, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepiting sm centong nasinya udh melambaikan tgn yah hehe..

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.