Monday, 11 January 2016

SARASEHAN KOMUNITAS “TAU DARI BLOGGER” (TDB) #1






Minggu kedua diawal tahun (10/01’2016) menjadi hari yang penting bagi komunitas TDB, alhamdulillah acara sarasehan pertama dari komunitas blogger yang berasal dari lintas profesi ini berjalan dengan sukses, bertempat di kantor pusat PMI (Palang Merah Indonesia) yang beralamat di Jalan Kramat Raya No.47, Jakarta Pusat. 

Komunitas yang digaungi oleh mas Sobari alias kang Obay, dibantu admin imut teteh Hermini berhasil menyatukan tiga pihak dalam satu event yang saling bersinergi yaitu Kementrian Pariwisata, musisi Band Cokelat dan Palang Merah Indonesia (PMI) yang bertemakan “Solidaritas Untuk Sesama”.


Sambutan 'Kang Obay'

Pak Muchtar (Humas PMI)

Di pandu oleh Master of Ceremony (MC) teh Liswanty, acara pertama dimulai sambutan dari pengagas komunitas TDB yaitu bapak Mohamad Sobary  yang lebih akrab disapa kang Obay, yang menjelaskan tentang komunitas Tau Dari Blogger, kemudian dilanjutkan sambutan dari bapak Muchtar selaku Humas PMI yang membantu kinerja panitia TDB yang berharap semoga sarasehan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sesuai misi acara ini.


Pak Iqbal Alamsjah (Pesona Indonesia - Kemenpar)

Sesi selanjutnya sambutan dari bapak Iqbal Alamsjah selaku perwakilan dari Pesona Indonesia (Kemenpar) yang mempunyai slogan “Wonderful” yang dibawakan dengan gaya kocaknya sehingga mendapat sambutan dari para peserta dan mampu membuat suasana menjadi lebih meriah dan hangat dengan guyonan dan celetukannya yang spontan :)

Kemenpar sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap kemajuan pariwisata di Indonesia berharap dukungan dari banyak pihak, mulai dari usaha kecil menengah hingga memajukan ekonomi masyarakat disekitar lokasi wisata, sehingga bisa membantu perputaran perekonomian masyarakat setempat.




Pak Iqbal sebagai perwakilan dari Pesona Indonesia berharap peranan blogger untuk membantu memberikan informasi seluas-luaskan tentang pariwisata hingga bisa menarik minat wisatawan baik lokal maupun internasional.

Menjelang jam makan siang semua peserta menikmati sajian untuk makan siang yang telah disediakan, bagi yang muslim dilanjutkan dengan menjalankan sholat zhuhur.


Pak Herman (Diseminator PMI)

Acara selanjutnya ada sambutan dari bapak Herman selaku Diseminator PMI, mengenai pengenalan dan penggunaan lambang palang merah Indonesia. Pak Herman banyak menjelaskan mengenai lambang palang merah, yang saat ini banyak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadi maupun perusahaan. Hal ini bisa diberlakukan karena memang belum ada pengesahan undang-undang untuk pengesahan lambang palang merah tersebut. Kita semua berharap semoga Dewan Perwakilan Rakyat kita segera mensyahkan RUU tersebut.


Mba Nuti Laraswaty (Pakar Digital Marketing)

Acara selanjutnya dengan materi Digital Marketing yang dipandu oleh mba Nuty Laraswaty sebagai pembicaranya. Walaupun media sosial sudah akrab banget dengan kehidupan sehari-hari kita, apalagi bagi blogger yang kesehariannya banyak di isi dengan komunikasi via media sosial baik dalam berkomunikasi sesame rekan, komunitas maupun berbagi informasi dalam bentuk artikel. Tapi selalu saja ada hal yang terkadang tidak pernah kita sadari menjadi sesuatu yang ‘waw,’ salah satunya info yang diberikan oleh mba Nuty mengenai makna dari suatu fungsi tanda baca yang bisa mempengaruhi twit kita agar bisa dibaca oleh banyak follower kita, ini hanya berlaku di media sosial twitter :)

Satu lagi tips dari mba Nuty, agar kita memakai nama yang sama dalam membuat akun dan identitas di media sosial, jangan menggunakan nama aneh atau alay. Serta cara menaikkan traffic blog dengan menyebarkan tulisan ke berbagai media sosial yang kita miliki.




Dalam hal yang berhubungan dengan Kemenpar, mba Nuty memberikan saran agar kita bisa membuat blog tersendiri mengenai UKM, kesehatan karena hal ini berkaitan dengan kepariwisataan.

Acara selanjutnya oleh Band Cokelat yang digawangi oleh mas Edwin, mas Ronny dan mba Jacklyn. Ketiganya menceritakan mengenai hal yang berhubungan dengan kegiatan mereka dalam mengkampanyekan Gerakan Bersih dan Senyum

Dimulai dengan mas Ronny yang bercerita mengenai bagaimana membiasakan hidup bersih yang dimulai dari diri kita sendiri dan keluarga terdekat. Dilanjut dengan mba Jacklyn yang sangat mendukung usaha kecil menengah yang banyak dilakukan oleh kaum wanita demi memiliki penghasilan, tapi sayangnya mereka kurang percaya diri dengan hasil karya sendiri sehingga memakai merk brand luar yang bermaksud agar menarik pembeli tetapi justru menjatuhkan nilai dari hasil karyanya sendiri. Mas Edwin sendiri melihat dari sisi yang berbeda dimana produk dalam negeri justru lebih di hargai di negeri orang lain dengan nilai yang lebih fantastik dibanding penjualan di negeri sendiri yang kebanyakan lebih mencintai produk luar. Salah satunya mengenai produk gitar dalam negeri.


Perform Band Cokelat dengan lagu "Bendera"

Di puncak acara personel band Cokelat diminta menyanyikan salah satu lagu andalan Cokelat yang berjudul ‘Bendera’ yang mampu membangkitkan rasa patriotik kita semua, sehingga membuat semua peserta ikut bernyanyi bersama menyanyikan lagu bendera.

Di akhir acara untuk memeriahkan suasana diumumkan pemenang lomba tweet via instagram dan via twitter, dan Alhamdulillah saya salah satu yang dapat merchandise dari band Cokelat :)

8 comments:

  1. Asyik banget ya acaranya...sayangnya di Semarang jarang banget ada event2 yang ngundang blogger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. next semoga semakin byk mba ika yg lbh melirik blogger utk menghadiri event2 di Semarang mba :)

      Delete
  2. Keren banget acaranya yah...

    ReplyDelete
  3. Keren banget acaranya yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya bulan dpn kita ikut lg yukk mba lubena :)

      Delete
  4. wah seru banget..kemaren pengen ikutan tapi lagi ngedrop, mudah2an next time bisa ikutan ...sukses TDB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bln feb ada lg mba, hayukk ikutt :)

      Delete
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Pariwisata

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.