Sunday, 24 January 2016

SAJIAN HANGAT DI MUSIM HUJAN




Jakarta sudah mulai diguyur hujan sejak beberapa hari ini, dan mungkin juga disebagian wilayah lain di Indonesia. Jika sudah memasuki musim hujan pasti bawaannya lapar terus yah, haiss cari dukungan padahal jangan-jangan cuma saya aja nih yang bawaannya lagi mau makan terus :D

Tapi kali ini saya lagi gak mau bahas makanan, saya mau berbagi info mengenai minuman hangat yang bisa menemani kita dimusim hujan ini biar bawaannya gak baper mulu, eitsah itu saya aja kali yak hehe..

Dikala hujan datang enaknya nih kita ditemenin minuman hangat yang manis, seger dan bisa menghangatkan tubuh, dan pastinya bisa bikin efek mood kita jadi lebih baik, apa aja sih..


Wedang Ronde (Sumber foto)


WEDANG RONDE

Katanya sih ya minuman ini berasal dari Solo dan Salatiga, tapi deket kantor saya ada yang jual tapi khas Bandung, mungkin di beberapa daerah wedang ronde merupakan minuman khas juga kali ya. Wedang dalam bahasa jawa artinya minuman, sedangkan ronde sendiri berupa bulatan yang berisi kacang yang terbuat dari tepung ketan yang dibuat bulatan-bulatan agak besar, untuk bulatan yang kecil biasanya tanpa isian. Selain itu juga ada kacang tanah, mutiara, jail-jali dan potongan roti tawar yang diiris kecil-kecil.

Favorit banget nih minuman ini, kalau hujan full ramai pengunjungnya. Saya suka banget air jahenya yang bikin seger dan  hangat.  Wedang ronde biasanya dijajakan berupa warung tenda yang buka sore hari. 


Sekoteng (Sumber foto)


SEKOTENG

Sekoteng ini kurang lebih sama seperti wedang ronde hanya beda di isiannya saja. Sekoteng minuman yang berasal dari Jawa Tengah. Isiannya biasanya terdiri dari kolang kaling, kacang tanah, kacang hijau, pacar cina, dan potongan roti tawar yang diiris kecil-kecil. Terkadang ditambah dengan susu kental manis. 

Sekoteng biasanya dijajakan pada malam hari yang biasa dijajakan penjualnya dari kampung ke kampung menggunakan gerobak atau pikulan.



Bajigur (Sumber foto)

BAJIGUR

Minuman bajigur adalah minuman khas Sunda yang berasal dari Jawa Barat, yang bahan utamanya berupa rebusan gula aren ditambah santan, jahe, vanili dan sedikit garam. Biasa dijajakan gerobak keliling bersama kudapan ketimus, rebusan kacang tanah, pisang dan ubi jalar. 

Kalau di sekitar area kantor saya biasanya ada yang lewat pada pagi dan siang hari. Tapi terkadang perut saya suka kurang bersahabat kalau minum bajigur, suka melilit mungkin gak cocok sama santannya yah.


Sumber foto


WEDANG UWUH

Minuman hangat ini merupakan khas kota Yogyakarta. Kata uwuh sendiri berarti sampah dedaunan, ini disebabkan karena berbagai bahan minuman ini yang berupa berbagai dedaunan sebagai bahan minuman ini. Rasa dari wedang uwuh ini pedas dan sedikit manis.    

Kini wedang uwuh banyak disajikan secara instan. Khasiat dari wedang uwuh ini bermanfaat untuk kesehatan kita karena dibuat dari rempah-rempah.



Kembang Tahu (Sumber foto)


KEMBANG TAHU

Kembang tahu adalah jajanan yang masih banyak dijumpai di kota Jakarta. Di daerah tempat tinggal saya masih banyak yang jual secara berkeliling kampung, biasa dijajakan pagi sampai menjelang siang. Kembang tahu biasa disajikan bersama kuah air jahe. Sangat cocok di konsumsi di musim hujan dan harganya juga murah meriah.

Itu sebagian minuman khas produk dalam negeri yang bisa menghangatkan badan dikala musim hujan datang, tentunya masih banyak lagi yang lain.

Kira-kira kalian suka yang mana, atau punya rekomendasi minuman lain, bisa dishare disini yuk..

Semoga bermanfaat.

25 comments:

  1. aku malah kurang suka wedang uwuh dan bajigur ya, entah menagapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy jg mba tira krg cocok lbh sk wedang ronde n kembang tahu :)

      Delete
  2. Msh kurang nih satu,sarabba makassar....semcam bajigur bgitu

    ReplyDelete
  3. Trimakasih mas hatta utk masukkannya :)

    ReplyDelete
  4. Aaaaak...enak semuanya tuh...iya memang semuanya cocok di musim hujan..butuh yang hangat2...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. di semarang lg musim ujan jg ga mba ika :)

      Delete
  5. di Lombok gk ada yg jual :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di lombok khas minuman hangatnya apa bang day?

      Delete
    2. di sini banyaknya kedai tuak manis

      Delete
  6. Replies
    1. aq jg sk minum sh mba cm trkdg sk melilit perutnya, tp klo lg pgn hajar bleh hihi

      Delete
  7. Wedang ronde favoritku. Minuman hangat ini memang coock buat musimm dingin, badan jadi anget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq jg plg sk wedang ronde mb lianny..toss ah ;)

      Delete
  8. Boleh juga nih, coba ada resep-resepnya biar bisa dicoba sekalian :D

    Berkunjung juga ya ke blog saya http://bit.ly/ayomaubertanya dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak/komen di sana ;)

    ReplyDelete
  9. bli jd aja biar praktis hehe..siyap meluncurr :)

    ReplyDelete
  10. Wah bole dicoba, terima kasih atas informasinya :D

    ReplyDelete
  11. Sedihnya, aku gak suka makan minuman hangat kayak gitu, yang bisa aku minum cuma bajigur, sisanya gak bisa, sedih

    Salam,
    Aci

    ReplyDelete
  12. Nice share.. bikin ngiler.. apalagi di musim hujan kaya gini.. haha

    ReplyDelete
  13. Waduh, gara-gara baca artikel ini, jadi pengen yang hangat-hangat nih kalau pas gerimis gini, sayang kalau di Jakarta agak repot juga cari minuman wedang ronde kaya ini...

    Jasa SEO dari Pakar SEO.

    Nasi Kotak Jakarta.

    ReplyDelete
  14. Wah benar sekali, minuman yang satu ini memang paling pas diminum saat sehabis hujan dan hawa sedang dingin sekali.

    ngomong-ngomong jadi pengen nih...

    Pakar SEO Jakarta
    Pakar SEO Depok
    Pakar SEO Terbaik
    Ahli SEO Jakarta
    Ahli SEO Depok
    Ahli SEO Terbaik
    Jasa SEO Jakarta
    Jasa SEO Depok
    Jasa SEO Terbaik

    ReplyDelete
  15. After search this information for long time, now I found it from Google.

    Pakar Seo

    This site is truly helpful.

    Pakar Seo Terbaik

    It gives all information which I'm looking for. Don't stop sharing nice information to us.

    Ahli Seo Terbaik

    Thank you for sharing this, Really appreciate this one.

    Pakar Seo


    Warm regards.

    - Pakar Seo Indonesia

    ReplyDelete
  16. From corporate parties, dinner to family gathering, catering can always add to the vibrant atmosphere of many special events, no matter how many visitors. Some Catering Jakarta specialize in some types of events, while others provide full services to create special parties or events. Corporate catering, wedding catering, and birthday catering are just some of the types of services available from Catering Jakarta.
    Professional Catering Jakarta for parties is an excellent approach to considering food preparation pressure for some guests. Not just a comfortable caterer, but you might be able to plan a good menu on a budget that's a bit more expensive than cooking yourself. Plus, if you involve Catering Jakarta, do not bother to shop, cook, prepare, and serve and otherwise you can direct your attention to enjoy your party.
    If you want affordable Catering Jakarta, Do not hesitate to contact Dpawon Catering!
    Visit our website for more info!

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.