Friday 22 January 2016

MANFAAT BUAH NAGA





Siapa yang gak kenal dengan buah naga, bagi para food combiner pasti sangat mengenal buah yang satu ini. Buah naga selain rasanya yang manis warnanya pun menarik yaitu warna merah dan putih. Dengan penampilan bentuk tekstur buah yang unik terkesan bersisik seperti kulit naga banyak yang beranggapan bahwa buah naga berasal dari negeri tirai bambu, aslinya ternyata buah naga ini berasal dari Amerika Latin.

Jujur sebenarnya dulu saya kurang tertarik dengan buah naga. Saya sering menjumpai buah ini di olahan minuman sop buah, bahkan karena tidak tertarik sering banget ketika membeli sop buah saya melarang penjualnya untuk memasukkan buah naga ke sop buah pesanan saya.

Tapi beberapa bulan ini entah kenapa tiba-tiba ketika saya melintas di area buah-buahan di supermarket, tiba-tiba saya tertarik membelinya, untuk mengetahui buah yang mana yang saya suka saya belilah kedua macam buah naga ini, dan taraa ternyata saya sukaaa, terutama buah naga yang putih :-)




Semenjak saya ikut menjalani pola makan sebagai food combining, saya jadi lebih intens dan bersahabat dengan buah-buahan. Walaupun saya belum sepenuhnya menjalani pola hidup sehat sebagai food combiner, terkadang masih suka lirik kanan kiri makanan yang lain hehe..tapi sometime saya ada niatan untuk serius jalanin pola hidup sehat dengan food combining.

Buah naga selain dimakan biasa saja bisa juga dibuat dengan berbagai macam olahan seperti di jus, dibuat smoothie, dibuat puding, berbagai olahan minuman segar, serta sebagai bahan baku aneka kue bahkan dibuat sebagai cemilan dan kerupuk.  







Buah naga ini ternyata kaya sekali akan kandungan protein, vitamin dan zat gizinya lainnya untuk kesehatan tubuh kita.


MANFAAT BUAH NAGA

Buah naga ternyata bisa meningkatkan kekebalan tubuh loch karena banyak mengandung vitamin C. Dan buah nada juga aman dikonsumsi oleh balita untuk meningkatkan nafsu makannya. Jadi ibu-ibu kalau balitanya lagi males makan bisa dicoba nih tipsnya.

Selain dpat menurunkan kolesterol, buah naga juga bisa melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan reaksi yang cepat sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk jus, kandungan seratnya akan membuat kita mudah ke belakang dan terbebas dari sembelit.





Buat kita juga nih kaum pere yang takut gemuk dan yang suka menjalani diet sebaiknya buang jauh-jauh deh mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung zat kimia dan kembali ke yang alami aja dengan sering konsumsi buah-buahan salah satunya buah naga ini.

Salah satu keunikan buah naga ternyata selain daging buahnya, ekstra kulit dan daunnya pun dapat membantu menghambat pertumbuhan sel tumor dan melancarkan peredaran darah.





TIPS MEMILIH BUAH NAGA YANG BAIK

Tips memilih buah naga yang baik dan berkualitas yaitu bisa dilihat dari kulit luarnya, pilihlah buah naga yang  warnanya pink cerah dan kulitnya mulus tanpa cacat dan warnanya merata. Buah yang ada noda kotor, memar atau bekas pisau sebaiknya jangan di pilih.

Kalau ingin mengetahui buah naga tersebut sudah matang atau belum bisa disentuh pada bagian batangnya, jika diraba terasa empuk berarti buah naga sudah matang dan siap dikonsumsi.

Cara memilih buah naga yang matang kurang lebih sama seperti ketika memilih buah mangga atau alpukat yaitu dengan cara tekan jari kita ke dalam kulit buah naga jika terasa masih keras berarti buah tersebut belum matang.

Semoga bermanfaat yaa 

22 comments:

  1. Wihhhh... buah naga emang lagi musim. Disini sekilo cuma 10 ribu. bahkan tempohari, karena beli dalam jumlah banyak (maklum serumah pada sarbu) pak suami dapet harga 7.500 saja. Murceeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh murcee mw donk titip mba widd eh tp mihilan ongkirnya sm harga buahnya yah hihi..di jkt mihil mba, kmren aq ktmu pnjual kliling yg pke mobil dpt 5rb/buah aja seneng bgt tp kecil buahnya :)

      Delete
  2. yeay mbak aku seneng banget ama buah naga...makasi atas infonya ya mbak RIa :)

    ReplyDelete
  3. Kita sama, awalnya saya juga ndak suka buah naga. Tapi kok lama-lama tertarik dan sekarang jadi buah favorit sayah :-D

    ReplyDelete
  4. Saya suka banget sama buah naga ini. Selalu ngincer kalau pas diskon, terutama untuk buah naga merah yang menurut saya rasanya lebih mantap dibandingkan yang putih. Anak dua-duanya doyan banget. Si kakak sampai bilang kalau buah ini 'buah kekuatan' karena bisa bikin lidah berubah warna. Hihihi.

    Nice post dan salam kenal mbak Ria. Semoga berkenan mampir ke blog saya ya...

    Talkative Tya - A beauty blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh bener kt si kk mba buah kekuatan bikin tgn berubah wrna jg klo lg ngupasnya hihi..slm knl jg mba atisatya nnti aq mampir yaa ;)

      Delete
  5. saya sudah 1 tahun belakangan ini aktif konsumsi buah Naga... dan memang lancar untuk ke belakang... sekaligus bagus juga untk panas dalam... yang ngga bersahabat itu di harganya :) heheheheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt bang lius mknya borongnya pas liat yg jual pake mobil gt lbh murah cm ya buahnya lbh kecil2 dibnding yg di supermarket :)

      Delete
  6. Saya trauma makan buah naga merah hiks. Saat BAB pernah nyangka ada darahnya, setelah diselidiki ternyata krn makan buah naga merah. Semenjak saat itu gak mau makan lagi buah naga merah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sh mba aprilia ko sy ga ya mungkin ada penyebab lain ..

      Delete
  7. Aku suka banget nih buah naga kalo dijus, warnanya juga cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama mba ratna, trimakasih sdh meninggalkan jejak ya slm knl :)

      Delete
  8. Banyak juga ternyata yah manfaat buah naga, jadi tambah pingin aja nih..

    ReplyDelete
  9. Baru tau buah naga dari laptop si Unyil dan sampe sekarang belum pernah nyoba. hahaha

    ReplyDelete
  10. seringnya sih dibuat jus sama dimakan langsung, belom pernah ketemu sama krupuk dan puding buahn naga tapi boleh nih dicobain

    ReplyDelete
  11. wahh ternyata ini toh manfaat buah naga.
    Makasih kak informasinya. btw blognya enak dibaca kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, jgn bosen2 ya untk menjelajah blog saya :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.