Sunday, 27 December 2015

TIPS WAJAH KENCANG & FRESH






Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang pertama kali dilihat ketika kita bertemu seseorang, terkadang dengan hanya melihat wajah, kita sudah suka mereka-reka karakter seseorang. Padahal wajah bukan cerminan kepribadian seseorang sebelum kita kenal lebih dekat dengan orang tersebut. 

Bagi sebagian wanita penampilan wajah yang kinclong merupakan asset utama dan bisa membuat menambah kepercayaan diri, bahkan demi mendapatkan penampilan yang sempurna banyak kaum wanita berburu berbagai kosmetik yang dipercaya bisa membuat wajah putih dalam hitungan hari, karena di Indonesia mempunyai tampilan wajah yang putih mulus merupakan impian. Padahal kosmetik yang hasilnya instan justru dipertanyakan kualitas kandungan bahan utamanya apakah aman untuk kulit kita.

Bagi wanita pujian dibilang ‘awet muda’ atau ‘terlihat lebih langsing’ pasti menyenangkan, karena itu sebagian obsesi setiap wanita iya gak hehe.. so yuk mulai peduli dengan kesehatan kulit kita dengan beberapa tips ringan berikut ini:




MANDI

Kebiasaan mandi orang Indonesia biasanya dua kali dalam sehari, kegiatan rutin ini membuat kulit tubuh kita menjadi segar. Mandi dengan air dingin bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah kita loch. Mandi air hangat juga bisa membuka pori-pori dan melancarkan peredaran darah kita, tetapi kalau bisa jangan lebih dari lima menit karena kulit kita bisa menjadi kering karena minyak alami tubuh kita ikut terbuang.

Tapi semenjak kemarau panjang tahun ini saya belum menikmati mandi dengan limpahan air seperti biasanya, secara fasilitas PAM jaya ikutan kecil keluar airnya. Kadang bikin gemes *curcol*

Solusinya biasanya saya mandi pagi menjelang subuh, selain ibadah tepat waktu juga bikin peredaran darah menjadi lancar, serta aktifitas pagi untuk siap-siap bekerja juga berjalan dengan lancar.

Ternyata kebiasaan mandi sebelum subuh merupakan kebiasaan Rasulullah sallallahu wa'alaihi wa sallam, diriwayatkan beliau tak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga kesehatannya, salah satunya dengan menjaga pola makan dan selalu mandi sebelum subuh.


RAJIN MEMBERSIHKAN MUKA




Ups ini salah satu rutinitas yang banyak saya langgar, terkadang kalau sudah pulang kerja dan sudah kelelahan biasanya saya suka lupa melakukan rutinitas membersihkan wajah. Terkadang akibat keteledoran saya ini menyebabkan munculkan jerawat centil deh di wajah saya, kalau sudah ada jerawat nakal baru deh saya mulai sibuk menghilangkan si jerawat nakal ini, dengan memakai berbagai cara untuk menghilangkannya dari wajah saya.

Tapi itu duluu, kini saya gak mau lagi sembarangan pilih kosmetik untuk wajah saya. Ada baiknya kalau kita mempunyai masalah pada kulit wajah kita langsung konsultasikan ke ahlinya dengan mendatangi klinik-klinik kecantikan yang terpercaya dan aman. Sebelum menggunakan produknya biasakan konsultasi wajah pada dokter kecantikan agar kita dapat referensi kosmetik yang cocok untuk tipe kulit wajah kita.


GUNAKAN PELEMBAB

Rajin mengolesi pelembab tubuh dan wajah akan menghindari kulit kita dari kekeringan, terutama yang banyak beraktifitas di ruangan ber-AC. Pelembab yang mengandung air (water based) sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti di negara kita. Untuk yang bermasalah dengan kulit yang berminyak, gunakan pelembab yang oil free, karena kandungan minyak yang berlebih bisa menyumbat pori-pori dan bikin jerawat gampang muncul di wajah kita. 

Bagi yang mempunyai kulit cenderung kering bisa pilih pelembab yang mengandung minyak zaitun, dan jojoba oil. Dan bagi yang banyak beraktifitas di luar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari, jangan lupa untuk memakai sunblock agar kulit kita terhindar dari radikal bebas yang menyebabkan munculnya flek dan kerutan dini.


KRIM MALAM

Jika siang sudah dirawat dengan pemakain pelembab, malamnya jangan lupa untuk menggunakan krim malam, karena krim malam banyak mengandung nutrisi antioksidan yang lebih tinggi dari krim siang. 

Penggunaan krim malam bisa memperbaiki kondisi kulit kita disaat waktu istirahat malam, karena krim lebih mudah meresap kedalam kulit sehingga manfaat dari krim tersebut dapat bekerja lebih maksimal. 

Krim malam biasanya terdiri dari anti aging dan krim malam untuk memberikan kelembaban alami kulit kita. Banyak dari kita yang suka malas menggunakan krim malam, terutama saya pribadi termasuk yang yang suka malas menggunakan krim malam bila sudah terlalu lelah beraktifitas, ini bisa jadi reminder saya juga :)
 



BANYAK MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman terbaik untuk tubuh kita, yang sebagian terdiri dari cairan. Minum air putih enam sampai delapan gelas sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, dimana cairan itu selain untuk melancarkan peredaran darah juga untuk membersihkan tubuh kita dari racun yang keluar melalui air seni dan keringat. Dengan minum air putih yang cukup dan teratur, kita bisa memiliki kecantikan alami untuk tubuh kita yang tidak perlu didapat dengan biaya mahal. 

Bila aktifitas kita banyak menghasilkan keringat, konsumsi lebih banyak lagi air putih agar bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. 

Dengan banyak minum tubuh kita terhindar dari dehidrasi, dan secara otomatis kulit akan terjaga elastisitasnya dan membuat tampilan kulit kita menjadi kencang dan kenyal sehingga tampak fresh dan bonusnya terlihat lebih muda.




TIDUR CUKUP

Kurang tidur bisa mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun mental, salah satunya kulit kita loch, terutama kulit wajah yang mudah sekali terlihat. Karena proses metabolisme tubuh bekerja pada saat kita tidur agar bisa memberikan energi yang baik pada tubuh kita pada esok hari.

Waktu tidur yang cukup dan posisi tidur bisa mempengaruhi kesehatan. Sabda  Rasulullah “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu” (HR Bukhari Muslim). Ada baiknya tidur menghadap ke kanan seperti kebiasaan Rasulullah. Dan jangan lupa berdoa sebelum tidur agar tidur kita penuh keberkahan dan terhindar dari mimpi buruk.

Waktu tidur yang baik yaitu lima sampai delapan jam dalam sehari atau sesuai kebutuhan, karena kebutuhan jam tidur tiap orang berbeda-beda. dalam posisi tidur tersebutlah tubuh kita beristirahat total lepas dari segala aktifitas rutinitas pekerjaan.


AIR WUDHU




Allah SWT memberikan perintah dan peraturan tentu untuk kebaikan umatnya, salah satunya perintah untuk menjalankan ibadah shalat yang diawali dengan berwudhu. Ternyata dibalik perintah berwudhu itu ada bonus yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.

Dalam sehari kita akan berwudhu sebanyak lima kali sebelum menjalankan shalat fardhu. Area tubuh kita yang dibasuh dengan air ketika berwudhu meliputi wajah, tangan dan kaki yang merupakan daerah yang sering bersentuhan dengan benda-benda asing dan kotoran. Otomatiskan dengan sering berwudhu kesehatan dan kebersihan kulit kita lebih terjaga, wajah pun lebih terasa fresh dan segar.

Oiya salah satu kebiasaan baik yang sering saya lakukan adalah berwudhu sebelum tidur malam, selain menjaga kesucian juga menjaga kita terhindar dari hal-hal buruk, apa coba *LOL*

Dengan berwudhu sebelum tidur selain membuat saya lebih fresh juga membuat tidur saya lebih nyenyak. Seperti hadist yang diriwayatkan Bukhari Muslim “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat”.

Air adalah sumber kehidupan bagi manusia. Lewat media air pula kita bisa membersihkan diri kita dari segala kotoran baik yang terlihat maupun tidak terlihat. Air juga merupakan sumber kecantikan termurah untuk tubuh dan kulit kita. 
Manfaatkan karunia Tuhan dengan sebaik-baiknya.

Jadi nikmat mana lagi yang kamu dustakan :)



11 comments:

  1. Waah, makasih tipsnya, jadi ngingatin buat menjaga penampilan.. saya belakangan ini suka lupa minum air putih yg cukup, mbak ria. jadinya dehidrasi deh. muka juga jadi kusam. huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaa yanettt aq padamuu...sama2 say :)

      Delete
  2. Air wudhu, emang air ajaib banget tuh untuk menjadikan kulit wajah kencang dan sehat, thanks infonya mbak Ria

    ReplyDelete
  3. Tq tips nya ri...air mang penting tuk kulit qta, dsamping jg tetap konsumsi buah2an dan sayuran yaa jeung..biasanya i jaga jg dgn minum vit e sebelum tidur, kulit tambah kencang dan bersinar ...heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya yoel,, thn baru efcenya digeber lg yukk biar tambah sehat n kinclong ;)

      Delete
  4. kalo tambah telur atau madu bagus nggak ya untuk d pake pada malam hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bgs jg telur sepertinya berfungsi utk mengencangkan kulit dan madu utk melembabkan kulit wajah tp sebaiknya dipakai siang hr saja utk masker :)

      Delete
  5. Tips keren, Mba Ria. Iya, wudhu sebelum tidur memberikan manfaat lahir dan batin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba angga,,tip cantik yg murah meriah yah :)

      Delete
  6. air wudhu kayaknay sudah lebih dari cukup deh mba.. tapi tergantung wudhunya juga sih bener apa engga sama niatnya.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.