Wednesday, 9 December 2015

PERSAHABATAN MARS & VENUS




Mungkin gak sih laki-laki dan perempuan bersahabat tanpa ada rasa lain “selain pertemanan” yang tulus. Bagi saya itu mungkin saja, saya jadi teringat dan sedikit tergelitik ketika membaca status media sosial salah satu sahabat saya tentang sahabat laki-lakinya. Buat sebagian perempuan bersahabat dengan teman laki-laki terkadang lebih mengasyikan daripada bersahabat dengan sesama perempuan, karena biasanya mereka lebih pengertian dan gak gampang jeolus kalau kita punya pasangan atau gebetan baru, dan yang pastingan gak ada persaingan, iya gak sih!

Buat saya pribadi, bersahabat dengan teman laki-laki memang lebih mengasyikan karena kita jarang beda pendapat, gak gampang ngambek dan bisa jadi penasehat pribadi saya yang baik ketika saya lagi punya masalah dengan pasangan saya, biasanya dia kasih solusi berdasarkan dari sudut pandang dia sebagai laki-laki.

Sumber Gambar


Sisi Plus Mempunyai Sahabat Laki-laki:

- Saat ingin bepergian, sahabat laki-laki bisa jadi “bodyguard” kita yang akan melindungi kita, sehingga kita merasa nyaman.

- Bisa saling memberi nasehat ketika kita masing-masing punya gebetan baru, bisa saling berbagi tips  cara mendekati laki-laki atau perempuan yang kita sukai dan dia sukai. Bahkan saya dan sahabat  saya itu kalau lagi sama-sama mentok belum ketemu pasangan yang cocok, bisa saling    recommended teman-teman terbaik kita untuk jadi pasangan saya atau dia.

- Bisa saling mensupport satu sama lain bila sedang ada masalah.


Sumber Gambar


Sisi Minus Mempunyai Sahabat Laki-laki:

- Selalu dicurigai orang bahwa kita adalah pasangan kekasih. Karena paradigma yang berkembang di   masyarakat kalau perempuan dan laki-laki berteman dekat pasti punya hubungan romantisme.

- Bisa jadi pemicu pertengkaran dengan pasangan, bila pasangan kita punya sifat posesif, sehingga    bisa membuat hubungan bersahabatan kita di ujung tanduk. Disini dari awal perlu diterapkan  kepasangan masing-masing untuk tahu batasannya. Diperlukan sifat saling toleransi antara pasangan  dan sahabat kita.

- Bagi yang masih jomblo, kita bisa dijauhi oleh laki-laki yang diam-diam naksir kita, karena kedekatan kita dengan sahabat laki.

Alhamdulillah pertemanan saya dengan sahabat laki-laki membawa pengaruh positif, karena lewat dia saya bisa lebih agamis, lebih sering ke acara kajian agama, dan saling berbagi informasi mengenai acara-acara keagamaan di tempat lain.

Bisa jadi teman jalan yang baik, dikala pasangan saya sibuk dengan dirinya sendiri. Sahabat saya yang menghibur saya, bisa membuat saya tertawa lepas, sehingga saya terhindar dari mood jelek yang akan merusak keseharian saya ketika saya lagi bermasalah dengan pasangan saya yang terkesan kurang punya waktu banyak untuk saya.

Sumber Gambar


Tips mendeteksi rasa terhadap sahabat laki-laki:

- Bila kita mulai posesif berlebihan terhadap sahabat kita, misalkan mulai selalu ingin tahu segala aktifitas dia, ingin selalu sibuk memantau teman-teman perempuannya, bahkan ada rasa kurang sukakalau mendengar curhatannya tentang teman-teman perempuannya itu. Mulai deh intropeksi diri dan pertanyakan hubungan apa yang ingin kita jalanin, pertemanan atau hubungan ke jenjang serius.

- Bila rasa kenyamanan berteman kita akhirnya mengerucut dan membuat kita takut kehilangan dia, dan sosok serta sifat baiknya ke kita merupakan tipe sifat laki-laki yang kita inginkan, harus mulai waspada bahwa ada perasaan lain.

Bisa gak sih kita terperosok ke dalam romantisme dengan sahabat lelaki kita, jawabannya pasti bisa banget. Untuk menghindarinya selain komitmen awal yang harus ditekankan bahwa kita niatnya awalnya hanya ingin bersahabat, cara lainnya dengan mengatur pola pikir kita, bahwa dia bukanlah orang yang tepat untuk kita berbagi perasaan dan menghabiskan sisa hidup kita bersamanya, dan dia bukan orang yang tepat untuk kita berkomitmen dan mengikatnya dalam suatu hubungan yang serius, selain hanya hubungan pertemanan.

Ketika persahabatan terjalin, kita bisa mengetahui sisi baik dan buruk sahabat kita, baik kelebihan maupun kekurangannya, dan kita bisa belajar hal-hal positif dari sahabat kita.


***






31 comments:

  1. Jaman SMA saya punya sahabat laki-laki, begitu juga waktu kuliah. Tapi begitu nikah, sahabat laki-laki saya itu suami, yaaa gitu deh. Mengurangi cemburu dari pasangan, saya memilih menjaga jarak dengan sahabat saya dulu, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan yg sulit ya mba, smoga pershbtnnya msh tetep langgeng ya mba :)

      Delete
  2. Memang lebih nyaman punya sahabat laki-laki daripada sahabat perempuan. Enaknya, laki-laki itu ga ribet, ga rumpi....
    pernah punya tapi setelah menikah, jadi teman biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgttt mba ika itu slh satu kelebihannya,,ga pake ribet n ga rumpi pstinya...tosss ahh ;)

      Delete
  3. aq g punya sahabat cowok, cukup temenan aja sih.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. temenan jg asyikk ya teh..shbtnnya sm aq ajaah hihi

      Delete
  4. sahabat cowok.. punya beberapa sebelum menikah.
    setelah menikah, suami jadi satu-satunya sahabat saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hukum alam selalu bgtu ya mba stlh menikah otomatis pertemanan berkurang tp smua trgntung psgn kita sh ada yg bs trima dan tidak ya :)

      Delete
  5. Dulu jaman masih kuliah dua kali sahabatan sama cowok.Dan dua duanya naksir aku meskipun tau aku dah punya pacar.Jadi bagiku sahabatn cowok cewek itu jarang banget yang murni.Pengalaman pribadi sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang 1000:1 mba nung yg tulus, ujung2nya dgn alasan kenyaman psti berujung hubungn asmara :)

      Delete
  6. Jaman sekolah aku introvert. punya temen cuma sebiji dua biji hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. skrg yg dua biji itu mba ika sm aku kah mba may hehe..

      Delete
  7. Kalo saya, ga ada laki laki yg saya jadikan sahabat coz dari awal dah ke-detect kalo dia ada rasa sama saya :). Emang jarang banget yg pure sahabatan ya mba

    ReplyDelete
  8. jadi inget masa-masa SMA dulu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh masaa..trus shbtn sm gw gak di inget2...gubrakk hihi

      Delete
  9. Sahabatan sama mba Ria aja aaah...

    Hihihi...

    ReplyDelete
  10. beneran saya juga sbnrnya lebih prefer bersahabat sm cowok dalam banyak hal jadi bisa mengimbangi kita perempuan yang cenderung menye2..klo kita galakin juga mrk ga ngambekan (kyk saya-nya hahaha).
    seruu juga duluu banyak punya sahabat2 cowok, tps ejak menikah yaa mau gak mau akhirnya mulai menjauh n jaga jarak. ga enak sm suami hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bnr bgt mba ophi shbt aq malah ga ngambekan, justru yg tkg ngambek pcr saya..capek dh :P

      Delete
  11. Banyak serunya memang, apalagi bila hobinya sama. Tapi risky sekali. Harus punya feeling ngedeteksi si co beneran temenan atau PDKT. Dan ga boleh dikit2 baper. Sahabat saya mayoritas dulu pria. Mrk sgt menyenangkan. Dari mereka juga saya belajar ttg sifat2 pria yg bermanfaat bagi saya ketika punya keluarga. Tentu saja persahabatan dg pria tdk selanggeng wanita...begitu punya pasangan..semua akn berakhir setidaknya bnyk toleransi dan jaga perasaan pasangan msg2. Tetapi sahabat2 suami yg jd sahabat2 baru..untungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbnrnya byk nilai positifnya ya mba utk cewek. tp sygnya rata2 hrs berakhir ktika kita membutuskan utk menikah demi menjaga perasaan pasangan,,trims mba fee infonya :)

      Delete
  12. Dulu aya sekolah di STM, jadi kebanyakan temen cowok, sahabat juga cowok. Kalo sahabatan banget sih Alhamdulillah saya nemu perempuan yang emang cocok kemana-mana. :D
    Jadi sampe sekarang walo udah nikah nggak perlu jaga jarak sama sahabat baik itu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh teh amy dl skolahnya STM, tmptnya cowok2 tuh udh psti shbt cowoknya bejibun,, tmn baik ga memandang gender ya teh :)

      Delete
  13. Waaah mbak, sahabat SMAku laki-laki semua yang awet sampai sekarang. Nggak pernah tercampuri rasa lain (seperti kata mitos). Tapi yaa gitu deh, sering dianggap cowokku dan sering jadi tempat sampahnya mereka kalo lagi naksir cewek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh hebat mb anne pershbtnnya awet ya, salut sm psngnnya mba :)

      Delete
  14. Saya punya beberapa sahabat laki-laki ketika sekolah dan kuliah. Begitu menikah,sahabat lelaki saya mengerti dan tahu batasannya. Sekarang kami hanya bertemu jika pasangan kami saling ikut serta

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah indahnya mba sally pershbtnnya tetap terjalin ya :)

      Delete
  15. wah bener banget mbaks ahabat cewek emang lebih asik.. kalo cowok wah persaingan emang tinggi banget hehe....

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.