Friday, 2 October 2015

BERBAGI CERITA TENTANG BATIK



Negara kita identik dengan batik, setelah gigih memperjuangkan pengakuan dunia akhirnya Unesco menetapkan bahwa batik adalah milik bangsa Indonesia walaupun sempat diklaim oleh negara tetangga. Setiap tanggal 02 Oktober kita semua memperingati sebagai hari Batik Nasional. Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia yaitu oleh mantan presiden kita yaitu bapak presiden Soeharto yang waktu itu memakai batik pada konferensi PBB.


Saya mengenal batik sudah sejak usia dini, dimana ibu saya sebagai wanita jawa yang pada kesehariannya sering mengenakan busana khas wanita jawa yang tidak jauh dari motif batik. Batik adalah kain bergambar yang pembuatan dan pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan, sehingga tiap-tiap daerah selalu berbeda motif dan ciri khasnya.

Batik juga merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni yang tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya bangsa kita. Pada awalnya batik memang identik dengan kebudayaan jawa, tapi sebenarnya tiap daerah di negara kita punya ciri khas batik sendiri.

Kini fashion batik berkembang dengan sangat pesat, dari batik lawas hingga batik modern, masing-masing punya penggemarnya tersendiri. Anak muda pun kini tak sungkan lagi memakai busana batik. Sebelum fashion batik berkembang pesat, batik terkesan kuno dan tua, dan kebanyakan hanya dipakai oleh para bapak-bapak atau ibu-ibu setiap kali menghadiri acara pernikahan saja. Tapi sekarang kita bisa melihat semua orang biasa dan bangga menggunakan batik dimanapun. Bahkan kini tiap perusahaan ada yang mewajibkan karyawannya untuk mengenakan busana batik dihari-hari tertentu.




Selain busana batik, saya paling suka sekali mengenakan aksesoris yang bermotif batik yang terbuat dari kayu, terutama kalung dan gelang-gelang kayu bermotif batik. Selain aksesoris kini batik juga sudah banyak yang diproduksi berupa tas, sepatu, seprei dan banyak lagi lainnya.

Teknik pembuatan batik juga ada beberapa macam:

Batik tulis membutuhkan waktu yang cukup lama kurang lebih bisa 2-3 bulan, makanya tidak mengherankan kalau harga batik tulis paling mahal harganya karena proses pembuatannya yang membutuhkan ketelatenan dan dikerjakan secara manual menggunakan tangan sang pengrajin batik, yang biasanya dikerjakan oleh pengrajin wanita.

Batik cap biasanya pengerjaannya lebih cepat sekitar 2-3 hari, karena pengerjaannya secara massal. Kain dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap (biasanya terbuat dari tembaga), batik cap biasanya dikerjakan oleh pekerja laki-laki. Dan ada juga batik lukis yang diproses pembuatan batiknya dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Motif Batik Pekalongan


BATIK PEKALONGAN

Kota Pekalongan merupakan kota asal ayahanda saya, hal yang saya paling suka ketika berkunjung ke kota Pekalongan adalah berburu aneka macam batik Pekalongan tentunya setelah acara silahturahmi dengan kerabat selesai dilakukan. Batik pekalongan kaya sekali akan corak dan motif, biasanya memiliki corak batik pesisir yang kaya akan warna. Biasanya berwarna cerah.


Motif Batik Solo

BATIK SOLO

Ciri khas batik Solo yaitu motif soga atau kecokelatan sehingga mengeluarkan aura megah dan kesan anggun. Motif-motif batik khusus dibuat untuk raja dan kalangan keraton. Batik Solo motifnya sangat beragam.


Motif Batik Yogyakarta

BATIK YOGYAKARTA

Ciri khas batik Yogyakarta lebih banyak menggunakan warna putih, hitam dan cokelat. Pengerjaan batik biasanya masih secara tradisional yaitu dengan tangan dengan motif batik tulis. Corak batik berupa gambar dedaunan, binatang atau manusia. Motif batik merupakan gambaran dari filosofi kehidupan tertentu.


Motif Batik Cirebon

BATIK CIREBON

Ciri khas batik Cirebon yang saya tahu adalah identik dengan motif mega mendung. Motif batik mega mendung identik dengan garis-garis awan dalam motif mega mendung yang diadaptasi dari motif Cina. Motif mega mendung memiliki Ciri khas tersendiri yaitu bentuk garis-garis awan yang berbentuk lonjong, lancip dan segitiga yang berbeda dengan garis awan motif Cina yang umumnya berbentuk bulatan. Warna batik Cirebon klasik umumnya didominasi warna kuning, hitam dengan warna dasar krem, dan sebagian lagi berwarna merah tua, biru, hitam dengan dasar kain krem atau gading. Di Cirebon terdapat batik Pesisiran, batik Keraton dan batik Trusmi.


Motif Batik Betawi


BATIK JAKARTA ATAU BETAWI

Motif batik Betawi lebih berfokus pada kesenian budaya Betawi yang dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda dan Cina. Biasanya jenis dan motif batik Betawi digunakan pada acara besar adat Betawi. Batik Betawi memiliki warna yang ”ngejreng” nan mencolok, seperti hijau, merah dan kuning.

Adapun motifnya melambangkan potret kehidupan yang lekat dengan Betawi, seperti burung hong dan kembang mayang. Ada juga motif ondel-ondel, naga, gigi buaya berupa tumpal segitiga, lereng parang barong ceplok Barongsai. Motif lereng ondel-ondel diambil dari suasana perayaan HUT DKI Jakarta dengan berbagai macam pagelaran, termasuk ondel-ondel sebagai boneka tolak bala. Motifnya mengandung harapan agar pemakainya mendapat kehidupan yang lebih baik. 

Sebenarnya masih banyak lagi jenis batik dari daerah lain, ini hanya sebagian saja.
Semoga bermanfaat, dan mohon maaf bila ada kekurangan ya :-)

*(Dari berbagai sumber).


13 comments:

  1. Semoga batik yang sudah kita jadikan ciri khas bangsa tidak lenyap begitu saja... Jangan juga karrna masuknya pembuatan batik massal yang murah akan menghancurkan industri batik lokal.. Sedih aja... Kalau beberapa tahun didepan anak cucu kita hanya pernah mendengar kisah batik tanpa pernah memakainya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt bang,,tgs kita bersama utk melestarikan warisan bangsa agar bs dinikmati oleh anak cucu kita nnti :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Aku punya beberapa baju batik yng dulu biasa dipake pas ngajar. Sekarang cuma disimpen aja di lemari...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk dipakai lg mba ika, sygkan klo dsimpen aja hehe

      Delete
  3. I just wanna say, "I like this article, so much"
    Love batik Indonesia :*

    ReplyDelete
  4. Akuuu orang betawi, gak tau motif batiknyahh :(
    Yang paling trkenal dan paling aku tau cuman batik cirebon. Paling beda bentuknya dari yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba nisa wjib punya donk batik betawi, cerah ceria ya motifnya..btw batik cirebon jg aq ngehnya yg motif mega mendung aja pdhl sbnrnya byk motif lainnya..yuk mulai koleksi batik mba say ;)

      Delete
  5. Terima Kasih.. artikelnya menarik dan bermanfaat banget.
    saya juga suka dengan batik, apalgai kan batik ini khas Indonesia :D

    ReplyDelete
  6. Trimakasih jg mas hammad sdh mau mampir ke blog sy :)

    ReplyDelete
  7. Cirebon batik classic color, usually dominated by yellow, black with beige main color, and partly dark red, blue.

    ReplyDelete
  8. Thanks you so much for the shared article. All those motives are pretty much beautiful! The most famous and most I know cuman batik cirebon.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.