Tuesday 2 June 2015

TAK TERGANTIKAN




Malam ini engga tau kenapa jadi terbayang-bayang wajah almarhum ayahandaku, engga terasa sudah hampir delapan tahun aku kehilangan sosok raga bape. Walaupun bape keras dalam mendidik aku tapi aku tau didalam hatinya bape sangat menyayangiku. Dari kecil aku sangat dekat dengan sosok bape, walaupun sosok ibu juga tidak pernah tergantikan. Bape dan ibuku sudah dipersatukan di alam sana, mungkin itu yang dinamakan cinta sejati bisa bersatu di dunia dan di akherat.
Walaupun kita sering beradu argument tapi aku sangat menyayangi bape, kita begitu dekat paska kehilangan sosok ibu, setelah raga ibu telah meninggalkan kita untuk selama-lamanya, aku banyak menghabiskan hari-hariku hanya bersama bape selama lima tahun. Aku tau bape sangat kesepian menghabiskan masa pensiunnya sendirian dirumah sehingga bape selalu bawel menanti kepulanganku dirumah ketika pulang kerja, aku begitu hayut bersama teman-teman menghabiskan waktu bersama hingga sampai dirumah menjelang malam, setiap buka pintu rumah bape sudah siap menyambutku dengan sedikit ocehan yang bernada omelan, aku yang lagi hanyut dengan dunia sendiri biasa menyambut ocehan bape keluar masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Aku tidak menyadari kesendirian bape, padahal aku diluar sana dengan teman-teman juga sekedar berbagi cerita karena kesendirianku. Betapa egoisnya aku tidak menyadari kesendirian bape.

Teringat masa kecil dulu ketika bape libur kerja selalu mengajak aku kemana pun bape pergi, dengan bangganya bape selalu mengenalkanku sebagai anak bungsunya kepada teman-teman bape. Diajak berburu burung layaknya aku seperti anak laki-laki, diajak bape mengintai burung-burung dibalik semak-semak. Ah bape aku kangen masa-masa itu.

Dari kecil hingga remaja menjelang masuk Sekolah Menengah Atas aku dekat banget dengan bape sampai kalau aku ketiduran di depan televisi, bapak tidak segan mengendongku ke kamarku karena tidak mau membangunkan tidurku, kadang hal itu membuat jeolus kakak perempuanku. Bape selalu melindungiku ketika kakak perempuanku memarahiku, ya bape selalu jadi pahlawanku. Bahkan sampai aku memasuki dunia kerja, bape kerap mengantar kemana aku pergi ketika melamar pekerjaan :D

Ketika bape divonis terkena penyakit jantung akut, aku yang selalu setia mendampingi bape selama hampir satu bulan dirumah sakit. Walaupun ada kakak lelakiku, hanya sama aku bape mau dilayanin, tanpa sungkan aku merawat bape dari mandi, makan hingga membersihkan gigi palsunya. Mengenai gigi palsunya itulah senjata bape, kalau gigi palsunya belum dibersihkan olehku ia tidak mau makan. Alhamdulillah hingga akhir hayatnya dan menjelang sakaratul mautnya aku selalu melayani kebutuhan bape, aku sayang bape. Hanya satu yang belum aku bisa kabulkan keinginan bape hingga bape meninggalkanku untuk selama-lamanya, ya aku belum bisa menikah hingga bape meninggalkanku. Mohon dimaafkan ya bape kalau kadang hal itu sedikit jadi perdebatan kita ketika aku mengajukan calon-calon itu.


Walaupun kita sudah berbeda alam, aku yakin bape bersama ibu masih selalu mengawasi aku dari sana. Airmata ini tidak akan habis mengalir kalau sudah membahas tentang bape dan ibu. Kalianlah orang yang sangat aku sayangi. Hingga detik ini bapelah lelaki terdekat aku yang tidak akan pernah tergantikan dalam hidupku, yang tidak pernah datang dan pergi sesuka hati. Ai lope yu bape selamat ulang tahun ;)

4 comments:

  1. Turut bersedih ketika membaca tulisan. Semoga tetap menjadi wanita yang tangguh layaknya masa kecil, di mana selalu di ajak bapak ke mana pun pergi. Bahkan sampai ikut berburu layaknya seorang lelaki.

    Salam.

    ReplyDelete
  2. Iya saya juga seperti ikut merasakan kesedihan ibu ria... Syukurnya bapak saya masih ada.. Dan masa2 kami berantem sudah lewat.. Dan saya yakin bape-nya bu ria.. Melihat dari atas sana.. Dan bangga akan anak bungsunya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu bang kornelius jgn pgl aq ibu ah kan blm jd ibu,, semua anak psti mengalami bd pndpt dg ortu ya, ada masa2 itu, trimakasih bang :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.