Wednesday, 3 June 2015

MAU TAMPILAN BLOG MENJADI MOBILE FRIENDLY?




Kenapa blog kita harus tampil mobile friendly, salah satunya agar ketika orang lain atau kita membuka blog kita via mobile atau gadget tampilannya bisa cantik dilayar handphone, maupun layar mobile lainnya sehingga terlihat lebih menarik dan nyaman dengan tampilannya yang pas dengan komposisi layar handphone. Sebenarnya apa sih yang dimaksud mobile friendly itu. Mobile friendly adalah situs responsive dimana tampilan halaman situs atau blog dapat menyesuaikan dengan tampilan lebar layar perangkat penggunanya. Dan salah satu alasan kuat agar blog tampil mobile friendly adalah agar blog bisa tetap bertahan diposisi terbaik dalam hasil pencarian mesin pencari google. 


Salah satu cara untuk mengetahui atau mengecek apakah laman web blog yang kita miliki sudah mobile friendly atau belum bisa di cek dengan tool gratisan yang sudah disediakan oleh google yang dibuat khusus untuk mengecek situs mobile friendly dengan memasukan url blog kamu, jika ternyata blog kamu belum mobile friendly kamu harus segera memperbaikinya.

www.riabuchari.com


Tampilan blog yang sudah mobile friendly tampilannya akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat mobile yang digunakan, sehingga kita tidak perlu scroll secara horizontal ke kiri maupun ke kanan. Ukuran teks tulisan bisa dibaca tanpa perlu kita memperbesar halaman, ukuran gambar dan menu juga menyesuaikan dengan lebar layar tampilan di perangkat mobile.

Cara termudah membuat blog menjadi mobile friendly adalah dengan mengaktifkan laman seluler default yang sudah disediakan oleh blogger itu sendiri, cukup dengan mengaktifkan versi seluler bawaan blogger maka template blog kamu akan menjadi mobile friendly. 
Caranya sebagai berikut:
Kamu masuk ke akun blogger
      Pilih menu tampilan atau template, akan tampil gambar seperti ini:

Pada tampilan template seperti gambar diatas, kamu klik  tombol bergambar roda yang terletak dibawah tampilan pratinjau seluler, lalu akan tampil gambar seperti dibawah ini:


Pada gambar diatas kamu pilih “Ya, Tampilan template seluler di perangkat seluler”, lalu pada pilihan template seluler kamu bisa memilih template yang tersedia, jangan memilih khusus yak karena pilihan itu hanya untuk template yang sudah responsive. Jika sudah jangan lupa tekan tombol “simpan”.

Bila sudah berhasil berarti kamu sudah sudah mengaktifkan template blog seluler bawaan blogger untuk blog kamu. cara ini bisa diaktifkan pada blog blogspot ya, untuk blog lain saya kurang paham.
Selamat mencoba, semoga info sederhana ini bisa bermanfaat ya :)

12 comments:

  1. Punya saya sudah mobile friendly. tapi kadang2 berubah2 sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ko bs berubah2 ya bang.. coba d cek lg.. minggu ikutn sunday sharing ga bang kornelius :)

      Delete
  2. iya klo gak mobile friendly ribet. harus zoom in zoom out plus geser-geser. Ujung-ujungnya males baca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bnr bgt mba tetty pdhl artikelnya menarik ya tp klo blm mobil friendly jd mls bc, apalagi klo ada iklan yg nutupin artikelnya aq mls bgt, bikin bc artikelnya jd ribet

      Delete
  3. Setelah aku cek, ternyata udah mobile friendly. Hehehe...
    Makasih ya udah berbagi cara mengetahuinya.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, sm2 mas arief :)

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah blog saya juga udah mobile friendly, tapi ada yg komplen tentang kolom komen kalau diakses via seluler. Apa itu berarti saya harus ganti ke default juga ya, mbak ia? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya klo mb yanet pk blogspot para pengunjung blog utk komen udh trsedia bbrp pilihn saat ingin berkomentar, klo wordpress sy kurang paham :)

      Delete
  6. terimakasih atas infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Blog saya juga sudah mobile friendly...makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 teteh lis yg cantik, mksh yaa ;)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.