Sunday, 17 May 2015

BERBISNIS DENGAN BUDGET MINIMALIS



Siapa sih yang tidak menginginkan mempunyai penghasilan tambahan untuk sekedar tambahan untuk uang jajan sampai dengan mengisi pundi-pundi tabungan. Di era technologi tinggi saat ini hampir semua orang mempunyai gadget, dari yang sekedar hanya untuk memudahkan komunikasi jarak jauh berupa telpon dan sms sampai yang berfitur canggih dengan fasilitas internet untuk berselancar di dunia maya, sampai yang mempunyai fitur kamera canggih untuk memuaskan hobbynya berselfie ria.


Tentunya sayang bangetkan kalau gadget canggih kita cuma dipergunakan hanya sebagai media curhat di segala media sosial, dari yang sekedar sharing, lalu mengeluarkan uneg-uneg gak jelas sampai yang mempergunjingkan artis A-Z dengan segala permasalahannya. Lalu kenapa tidak kita manfaatkan gadget canggih kita untuk berbisnis. 



Dok. resselerdropshipujs.tk


Belanja online adalah suatu fasilitas kemudahan yang sedang banyak diminati oleh berbagai orang dari berbagai kalangan. Dengan rutinitas tinggi di dunia kerja yang tidak memungkinkan orang untuk berjalan-jalan ke mal untuk sekedar mencari barang-barang kebutuhannya, dengan belanja online tentu sangat memudahkan orang untuk bertransaksi tanpa harus keluar rumah ataupun keluar kantor.

Kini banyak pemilik situs online shop besar yang ingin memperlebar daya jangkau penjualannya dengan menerapkan system marketing online yaitu dengan menjalin kerjasama dengan para reseller atau pun para dropship untuk menjual produk mereka. Dengan bekerjasama dengan para reseller dan para dropship para supplier berharap daya jual produk mereka bisa semakin luas dan tentunya semakin memperbanyak pemasukan income. 

Oiya ada baiknya kita bahas dulu apa itu reseller dan dropship itu. Yang disebut reseller itu yaitu penjual yang diharuskan membeli produk kepada supplier dan menyediakan stok barangnya sendiri untuk kemudian dijual kembali kepada konsumen dengan keuntungan diambil dari selisih harga pembelian dan harga penjualan. 

Sedangkan yang dimaksud dropship itu adalah penjual hanya bertugas menawarkan produk supplier tanpa menyediakan stok barang, karena sebagai dropship hanya bertugas menawarkan produk si supplier melalui berbagai media penjualan dengan mengambil selisih keuntungan dari harga pembelian dan harga penjualan, sehingga tidak memerlukan modal besar untuk meyetok barang, hanya bermodalkan pulsa untuk bertransaksi melalui media online atau bisa juga bertransaksi secara offline dengan cara menawarkan produk supplier melalui media pertemanan maupun yang lainnya.

Keuntungan lain menjadi dropship adalah kita tidak perlu mengerjakan proses pengiriman kepada pembeli karena semuanya sudah dkerjakan oleh pihak supplier, yaitu pada saat transaksi pembelian sebagai dropship cukup mengirimkan alamat pengiriman pembeli kepada supplier, nanti dari pihak supplier yang melakukan packaging hingga barang sampai kepada pembeli dengan mengatas namakan kita sebagai dropship sebagai penjualnya.

Cara pemasaran sebagai seorang penjual atau dropshipper secara online kita bisa melalui toko online, blog pribadi, forum media jual beli, bisa juga melalui media sosial facebook, twitter, instagram, yahoo messanger atau pun membuat grup melalui media aplikasi smartphone yaitu blackberry messanger, whatsapp, line dan sebagainya. Untuk promosi secara offline bisa melalui teman-teman disuatu komunitas, teman-teman arisan, teman sepermainan, teman sekolah maupun teman kerja.

Media promo sebagai seorang dropshipper  tentunya dengan cara memperlihatkan produk yang kita jual lewat media foto yang bisa kita ambil pada situs supplier lalu kita share melalui berbagai media yang telah kita pilih sebagai media promo kita, dengan ditambah keterangan singkat yang menarik.

Bila calon pembeli tertarik untuk melakukan transaksi pembelian secara online, kita cukup meminta pembeli untuk mentransfer sejumlah harga yang telah kita cantumkan beserta jumlah ongkos kirim disesuaikan berdasarkan alamat pembeli. Bila proses pembayaran dari pembeli sudah masuk ke rekening kita bisa segera mentransfer sejumlah dana sesuai harga dari supplier, serta informasikan ke pihak supplier tentang nama barang, jumlah serta alamat pembeli, agar pihak supplier bisa segera melakukan pengiriman barang kepada pembeli atas nama kita sebagai dropshippernya.

Tapi dibalik kelebihannya pasti ada kekurangannya juga, kekurangan sebagai dropship adalah kita tidak bisa mengetahui secara pasti stock ready suatu produk, karena system stock yang selalu berjalan dimana biasanya berlaku system siapa cepat dia dapat. Kita juga tidak bisa melihat kualitas suatu produk secara nyata karena media penjualan kita hanya melalui gambar atau foto yang bisa saja direkayasa dengan penampilan semenarik mungkin. Bila kita ragu mengenai penampilan phisik suatu produk yang ingin kita jual, untuk mengetahui produk yang kita jual sesuai dengan foto aslinya, kita bisa mencoba melakukan transaksi pembelian pertama untuk pemakaian kita pribadi dulu. Bila menurut kita produk tersebut bagus lalu kita bisa mulai mempromosikan produk tersebut.

Untuk itu sebagai pelaku bisnis dropship kita harus jeli dalam memilih supplier, pastikan kita menjalin bisnis dengan supplier yang reputasinya baik dan terpercaya, jadi no tipu-tipu ya. Karena kunci utama dalam menjalani system penjualan secara online adalah  adanya sifat kejujuran serta kepercayaan yang bisa dipegang. Dengan kita memegang system itu maka pembeli akan merasa puas dengan layanan kita dan membuat mereka percaya serta akan kembali membeli produk yang kita jual dan otomatis bisa menjadi pelanggan setia.

Gimana, tertarik berbisnis menjadi dropshipper, yuk segera manfaatkan gadget yang kita punya untuk menambah penghasilan :)


6 comments:

  1. Iya bener, harus jeli juga jadi satu kata kunci untuk sukses berbisnis yaa

    ReplyDelete
  2. ada plus minusnya ya mak..
    tapi buat pemula, menurutku drop ship kayak gini bisa jadi awa yang bagus. Paling nggak buat punya pasar aja dulu.. selanjutnya kl udah ada pasar, tinggal bikin produk sendiri juga lebih asik :d

    ReplyDelete
  3. Bagus artikel nya
    Bisa kunjungi juga blog saya nih untuk saling share
    www.washilien.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp saling blog walking ya mas :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.