Monday, 27 April 2015

TAMAN KOTA KEREN DI PUSAT JAKARTA


Mengisi liburan diakhir pekan dengan jalan-jalan ke mal untuk sekedar cuci mata, berburu kuliner dan menonton film adalah hal biasa yang kita lakukan di kota Jakarta ini, dengan banyak pilihan mal yang semakin beragam dengan masing-masing menawarkan suasana hiburan untuk menarik konsumennya. 


Buat teman-teman yang butuh suasana baru untuk refreshing, mengunjungi taman kota bisa jadi alternatif yang mengasyikkan loch. dijamin murah meriah dan free hehe.
Berikut hasil penjelajahan saya mengunjungi taman dipusat Jakarta yang terletak dikawasan elit yaitu didaerah Menteng. asyiknya dalam satu wilayah kita bisa mengunjungi tiga taman sekaligus loch :D


TAMAN MENTENG

Untuk yang memakai kendaraan umum jalur busway, dari central Harmoni naik busway arah Blok M - Kota, turun di halte bundaran HI. Dari seberang bundaran hotel Indonesia kita bisa menyusuri jalan Moh. Yamin lanjut ke jalan Imam Bonjol hingga jalan HOS Cokroaminoto.



Begitu sampai ke area taman Menteng saya disambut oleh rintikan hujan, yang membawa saya berteduh di bangunan rumah kaca yang banyak terdapat di taman Menteng.
Selain terdapat lapangan olahraga outdoor dan indoor, di area ini juga terdapat arena bermain untuk anak-anak.



Udara sejuk dan rindangnya pepohonan menambah asri suasana di taman Menteng. Di taman Menteng ini juga banyak disediakan bangku panjang besi untuk tempat kita merenung atau pun mengobrol sambil menikmati keindahan taman. Disaat hari libur tempat ini banyak didatangi oleh para komunitas yang menggelar acara disana.

Di seberang kawasan taman Menteng juga terdapat taman Kodok yang terdapat beberapa patung kodok di tepian lingkaran ditengah taman.


TAMAN SUROPATI

Melewati taman kodok saya menyusuri jalan Kertosono lanjut ke jalan Besuki untuk mencapai taman Suropati. Taman asri ini di pagi hari dan sore hari banyak dilintasi orang-orang untuk berolahraga jogging. Banyak juga pengunjung yang berfoto-foto dan juga untuk berlatih musik yaitu biola.

HARMONY

Di area taman ini banyak terdapat burung merpati berbaur dengan pengunjung. di taman Suropati tidak terdapat arena olahraga seperti di taman Menteng. 
Taman Suropati berdiri sejak zaman Belanda dan banyak dkhiasi oleh patung-patung artistik. Di taman Suropati juga terasa lebih rindang karena banyak pohon pelindung dan tanaman hias.

Di Taman Suropati ini sudah dilengkapi fasilitas wifi dengan kecepatan tinggi, jadi jangan khawatir masih tetep bisa update status hehe..





 Di taman Suropati lebih rindang dibanding di taman Menteng, karena banyak ditumbuhi tanaman tinggi yang sepertinya sudah cukup berumur. Oiya diseberang jalan taman Suropati, tepatnya dibelakang gedung Bappenas terdapat masjid Sunda Kelapa, saya sempat mampir sejenak untuk sholat ashar.

Dikawasan taman Suropati lebih banyak beragam pedagang makanan mulai dari tahu gejrot khas Cirebon, sate padang, ketoprak dan makanan lainnya. Jadi jangan takut kelaparan yah hehe..


TAMAN SITULEMBANG

Untuk mencapai taman Situ Lembang, dari arah taman Suropati tepatnya kita bisa menyusuri jalan Teuku Umar, letaknya berada di dalam kompleks perumahan Menteng. Untuk mencapai taman Situ Lembang kita harus berjalan kaki karena tidak dilalui oleh kendaraan umum. Letaknya persis di plank jalan Padalarang.





Di taman Situ Lembang terdapat danau buatan yang banyak dihiasi oleh tanaman teratai, sayangnya pas saya sampai disana pohon teratainya sedang tidak berkembang alias masih kuncup. Katanya sih kalau ingin melihat bunga teratainya mekar bisa mengunjungi taman ini di pagi atau sore hari. Info menarik bagi yang hobby mancing ini menjadi tempat wisata paling asyik karena di taman Situ Lembang ini diperbolehkan untuk memancing.





Di taman Situ Lembang juga terdapat area bermain untuk anak-anak. Disini juga banyak terdapat aneka penjual makanan tradisional yang kurang lebih sama seperti di taman Suropati dan taman Menteng..

Untuk yang menggunakan jalur busway untuk arah pulang, bisa menuju halte latuharhary yang terletak di belakang gedung Bappenas setelah mesjid Sunda Kelapa, letak halte buswaynya disebrang Kedutaan Besar Korea Utara.
Bagi yang menggunakan angkutan umum lainnya yang saya tahu bisa naik bis PPD 213 jurusan Grogol - Kampung Melayu yang melintas di depan taman Suropati.

Taman-taman ini bisa jadi alternatif refreshing melihat penghijauan untuk menyegarkan mata. 
Selamat berlibur dengan keluarga dan teman-teman yaa..

14 comments:

  1. Wah.. tamannya asyik2 banget ya. Yang ada free wifi-nya pasti yang paling ditongkrongin anak muda. Hehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya asyik menyejukkan mata lihat yg hijau2 n byk komunitas seni dan olahraga jg yg byk kumpul, infonya sh dsemua taman itu sdh ada fasilitas wifi nya tp yg jls tertera infonya scara tertulis sy lihat hnya d taman suropati, btw trimakasih ya sdh berkunjung ke blog saya, slm kenal :)

      Delete
  2. Taman-taman ini udah lama jadi wishlist aku tapi belum sempet juga kukunjungi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukk mb nia next main kesana, lmyn buat refreshing hehe
      slm kenal mba nia :)

      Delete
  3. Buat wisata keluarga nyaman nih, ada free wifi juga ya, bisa update postingan juga ditempat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ada free wifinya, wisata murah meriah utk keluarga :)

      Delete
  4. asik banget ya kalo tiap kota punya taman yg asri dan luas:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya asik ya mba kania hehe
      slm knl mb kania, mksh ya sdh mampir ke blog saya :)

      Delete
  5. wiiihh. asyik, taman nya keren-keren, musti bw tele nih kalo mudik lebaran.. :) :) :)

    thank info nya mba, lama kenal :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halahhh si zecko kura2 dlm selimut pura2 ga kenall..bw tele apa tuh mksdnye??

      Delete
  6. Wah, saya baru tahu ni, mbak... Memang kita perlu lebih banyak ruang terbuka hijau, bukan hanya untuk rekreasi tapi juga untuk serapan air dan habitat satwa liar..

    Makasih ya infonya. Oh ya, kalau masuk, bayar nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua free mak delyanet karmoni...yukk meluncur kesana
      makasih ya mak udh mampir ;)

      Delete
  7. salah satu favorit saya adalah taman Situ lembang..temapatnya enak...anak-anak suka dan ngg seberapa jauh dari rumah..asyiknya semua gratis yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh asiikk mak indah bs jln kaki donk ... iya dsitu lembang klo lg beruntung bs liat bunga teratai berkembang ya mak n
      di tamsur bs wifian gretong lg ya mak :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.