Monday, 20 April 2015

MENGENANG PELOPOR EMANSIPASI WANITA INDONESIA

Bersyukurlah kita hidup dimasa kemerdekaan dan di era milinium ini. Kita diberikan kebebasan berekspresi dan menjalani rutinitas kita sebagai wanita tanpa diskriminasi. Kita bebas berkarya dan bisa bekerja dibidang yang kita inginkan, serta bisa mempunyai penghasilan sendiri. Semua ini tidak terlepas dari jasa besar seorang ibu Raden Ajeng Kartini, yang telah memperjuangkan kesetaraan gender untuk kaumnya. 





Seorang Kartini muda dimasa jaman Kolonial, adalah seorang wanita pribumi yang berani melawan perbedaan. Di era jaman Kartini banyak kaum perempuan yang tidak bisa mengenyam pendidikan, banyak kaum perempuan yang hidupnya tertindas, harus rela dinikahkan di usia muda dan harus rela dipoligami.

Raden Ajeng Kartini adalah seorang priyayi jawa yang ingin memberontak terhadap kultur keraton jawa yang menganggap seorang perempuan hanya pantas untuk di tiga tempat, yaitu Dapur, Sumur dan Kasur. Betapa menderitanya kita bila tradisi seperti itu masih diberlakukan hingga jaman sekarang, tentu tidak ada sebutan seorang wanita karier. 

Kini saatnya kita mengisi kesempatan yang ada dengan banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bisa membuat keberadaan wanita semakin diperhitungkan. Kesempatan tidak pernah datang dua kali, oleh karena itu manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Selamat hari Kartini untuk semua perempuan Indonesia, maju terus :)

No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.