Saturday, 23 June 2012

PASAR KAGET




Melewati satnight di hiburan murah meriah di pasar malam atau biasa disebut juga pasar kaget, hiburan rakyat kecil ditengah kota, ternyata lumayan bisa membuang waktu sekedar refreshing mata melihat kesibukan antara penjual dan calon pembelinya yang saling sibuk, yang satu sibuk menawari dagangannya dan yang pihak lainnya sibuk menawar produk yang di inginkan.

Thursday, 21 June 2012

KEBUDAYAAN YG UNIK

 
Berawal dari diminta my bos mencari data mengenai motif ukiran suku asmat, mulai deh berburu datanya di mbah google.

Ternyata suku asmat adalah suku terbesar dan paling terkenal diantara sekian banyak suku yang ada di Papua, Irian Jaya, Indonesia.

Penduduk Asmat pada umumnya memiliki ciri fisik yang khas,berkulit hitam dan berambut keriting. Tubuhnya cukup tinggi. Rata-rata tinggi badan orang Asmat wanita sekitar 162cm dan tinggi badan laki-laki mencapai 172cm.

Sehari-hari orang Asmat bekerja dilingkungan sekitarnya,terutama untuk mencari makan, dengan cara berburu maupun berkebun, yang  masih menggunakan metode yang cukup tradisional dan sederhana. Masakan suku Asmat tidak seperti masakan kita umumnya.  Masakan istimewa bagi mereka adalah ulat sagu. Namun sehari-harinya mereka hanya memanggang ikan atau daging binatang hasil buruan.

Suku Asmat di Papua sudah terkenal sebagai pemahat kayu sejati. Hasil pahatannya sudah terkenal hingga ke luar negeri. Ukiran kayunya yang rumit menjadi ciri khasnya. Tidak hanya itu, model pahatannya pun tidak biasa. Inilah yang menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Setiap ukiran yang mereka buat mempunyai makna tersendiri, ada 3 macam warna yang biasa mereka aplikasikan pada ukirannya yaitu warna merah, hitam dan putih, merah melambangkan daging, putih menggambarkan tulang, dan hitam melambang warna kulit dari suku Asmat.

Ciri khas dari ukiran suku asmat adalah polanya yang unik dan bersifat naturalis, dimana dari pola-pola tersebut akan terlihat kerumitan cara membuatnya sehingga membuat karya ukir suku Asmat bernilai tinggi dan sangat banyak diminati para turis asing yang menggemari karya seni.

Negeriku tercinta Indonesia memang beraneka ragam, mari kita lestarikan kebudayaannya :)

***