Saturday, 23 June 2012

PASAR KAGET




Melewati satnight di hiburan murah meriah di pasar malam atau biasa disebut juga pasar kaget, hiburan rakyat kecil ditengah kota, ternyata lumayan bisa membuang waktu sekedar refreshing mata melihat kesibukan antara penjual dan calon pembelinya yang saling sibuk, yang satu sibuk menawari dagangannya dan yang pihak lainnya sibuk menawar produk yang di inginkan.

Thursday, 21 June 2012

KEBUDAYAAN YG UNIK

 
Berawal dari diminta my bos mencari data mengenai motif ukiran suku asmat, mulai deh berburu datanya di mbah google.

Ternyata suku asmat adalah suku terbesar dan paling terkenal diantara sekian banyak suku yang ada di Papua, Irian Jaya, Indonesia.

Penduduk Asmat pada umumnya memiliki ciri fisik yang khas,berkulit hitam dan berambut keriting. Tubuhnya cukup tinggi. Rata-rata tinggi badan orang Asmat wanita sekitar 162cm dan tinggi badan laki-laki mencapai 172cm.

Sehari-hari orang Asmat bekerja dilingkungan sekitarnya,terutama untuk mencari makan, dengan cara berburu maupun berkebun, yang  masih menggunakan metode yang cukup tradisional dan sederhana. Masakan suku Asmat tidak seperti masakan kita umumnya.  Masakan istimewa bagi mereka adalah ulat sagu. Namun sehari-harinya mereka hanya memanggang ikan atau daging binatang hasil buruan.

Suku Asmat di Papua sudah terkenal sebagai pemahat kayu sejati. Hasil pahatannya sudah terkenal hingga ke luar negeri. Ukiran kayunya yang rumit menjadi ciri khasnya. Tidak hanya itu, model pahatannya pun tidak biasa. Inilah yang menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Setiap ukiran yang mereka buat mempunyai makna tersendiri, ada 3 macam warna yang biasa mereka aplikasikan pada ukirannya yaitu warna merah, hitam dan putih, merah melambangkan daging, putih menggambarkan tulang, dan hitam melambang warna kulit dari suku Asmat.

Ciri khas dari ukiran suku asmat adalah polanya yang unik dan bersifat naturalis, dimana dari pola-pola tersebut akan terlihat kerumitan cara membuatnya sehingga membuat karya ukir suku Asmat bernilai tinggi dan sangat banyak diminati para turis asing yang menggemari karya seni.

Negeriku tercinta Indonesia memang beraneka ragam, mari kita lestarikan kebudayaannya :)

***

Tuesday, 5 June 2012

SEMANGKA...semangat kaka



Kulepas Tanya dihatiku, saat kau harus pergi dari hidupku, haruskah daku tenggelam dalam sepi, dalam kecewa, dalam nestapa, dalam gulana dalam perih yang panjangg…
Kusadari hari-hari kan terus berlalu tanpa pernah kan menunggu walau apa yang terjadi, kusadari detik-detik kan terus berlari, kusadari hidup ini masih ada dan masih kumiliki asa…

Mengutip dari bait lagu om Harvey malaiholo bagus juga, untuk membangun spirit untuk bangkit dari keterpurukan bagi yang pernah mengalaminya. Hm dah lama niy ga nulis lagi, kreatifitas terbelenggu, untuk teman-teman semua yang dah sharing..yukk berbagi lagi…

Memang tidak mudah melupakan orang yang kita sayangi, tetapi apa yang sudah terjadi biarlah menjadi bagian masa lalu, kita harus tegas mengatakan selamat tinggal pada masa lalu untuk menyongsong masa depan.

Tidak sedikit para ‘single’ yang tidak bisa berkembang karena tidak bisa meninggalkan masa lalu. Ada kalanya peristiwa yang pernah kita alami membuat kita lebih bisa menghargai kebaikan Tuhan, jangan pernah mau menukar masa depan anda dengan kenangan masa lalu! Sudah waktunya kita mengubur kenangan masa lalu, saat ini juga, jangan ditunda! Ingatlah bahwa hari depan dan kebahagiaan tergantung pada keputusan anda dihari ini, bukan dari masa lalu.

Mungkin saat ini anda sudah bosan dan lelah putus nyambung atau berpindah tambatan hati, anda menginginkan ‘someone’ anda menjadi tambatan hati atau cinta terakhir anda, saatnya anda mengubah sikap dan cara berpikir yang mungkin selama ini keliru.

Anda diciptakan untuk menjadi diri anda sendiri sesuai dengan kapasitas kemampuan anda, Allah menciptakan manusia itu unik, sehingga tidak ada satu manusia pun yang mempunyai kemiripan 100% dengan yang lainnya, justru dengan perbedaan itulah diharapkan adanya kerjasama dan saling menghargai bukan untuk saling bersaing dan menjatuhkan.

Cinta pertama anda belum tentu menjadi cinta yang terakhir, bahkan ada istilah sesudah ijab Kabul terucap pun belum tentu dia-lah jodoh kita, semua rahasia Allah…wallahu alam bisawab

Saya juga sering merasakan kesepian yang sangat ketika saya sedang sendirian, dikala mengalami kegalauan, kuatkan hati dan berusaha menerapkan 'jangan pernah terpuruk hanya karena perasaan kecewa pada seseorang tidak ada kasih yang abadi selain kasih sayang Allah kepada umatnya', dan kekuatan rasa itu yang buat saya damai begitu saya dekat dan menyebut nama Allah, saya tahu Dia ada dan sangat dekat dengan saya, dia dapat mengerti apa yang saya rasakan, terkadang saya bertanya mengalami saya harus mengalami ini , tetapi dalam hati mengatakan ‘’ kalau kamu tidak mengalaminya, bagaimana kamu dapat merasakan apa yang para ‘single’ rasakan’’.

Selama kita hidup pasti akan ada masalah yang datang silih berganti, hanya orang mati yang tidak mempunyai masalah, untuk itu bila kita punya masalah kita harus mengucap ‘syukur’. Berarti ada kebaikan dan berkah di balik itu. Jadikan setiap pengalaman hidup sebagai pelajaran berharga yang berarti , dalam kedewasaan pribadi yang menghargai arti kehidupan.

Ada kalanya masalah cinta membuat seseorang tidak dapat melakukan pekerjaanya dengan baik, apabila suasana hati tidak enak, apalagi sedang patah hati, kita tidak bisa bekerja secara maksimal, bahkan ada saja yang menjadi korban, entah itu barang atau orang yang menjadi pelampiasan hati, tetapi apabila kita dilanda asmara, kekuatan atau energi bisa bertambah dua kali lipat sehingga apa yang kita lakukan akan maksimal dan hasilnya memuaskn, itulah dahsyatnya kekuatan cinta.

Wanita diciptakan sebagai penolong untuk pria, tetapi pria mempunyai otoritas sebagai pelindung dan bertanggung jawab atas keluarganya kelak, jadi bukan untuk saling bersaing tapi untuk saling melengkapi. Pria adalah teman hidup yang diberikan Allah bagi wanita, bagi wanita pria itu misterius begitu pula sebaliknya, maka dari itu jangan pernah mudah memutuskan hubungan pertemanan, sometime suatu hari nanti mungkin kita memerlukan bantuannya.

Ada masanya kita membutuhkan orang lain, setiap manusia diciptakan bukan untuk dirinya sendiri, banyak orang yang berhasil bukan karena kepandaian atau kekayaan mereka, melainkan karena mereka mempunyai hubungan yang baik dengan orang lain. Allah bisa mengirim siapa saja untuk menolong kita mendapatkan pekerjaan atau jodoh sekalipun.

Sering kita berucap 'seandainya waktu bisa diputar kembali' seperti roll-an film yang bisa kita lihat dan bisa kita revisi satu demi satu kekurangannya, tapi sayang penyesalan selalu saja datang terlambat, kita hanya bisa belajar dan mengambil hikmah dari apa yang telah terjadi. justru dengan adanya kesalahan itu kita harus lebih bersyukur karena dengan adanya kesalahan kita bisa lebih memperbaiki hidup kita, karena Allah masih memberikan kesempatan kita untuk merubah sifat serta karakter kita melalui proses-proses yang sering kali buat kita tidak menyenangkan, bahkan cenderung menyakitkan.

Kita masih hidup sekarang ini adalah suatu anugerah Tuhan, syukurilah segala sesuatu yang kita punya dan miliki saat ini, termasuk keberadaan kita yang masih single, ada pepatah mengatakan: ‘siapa yang menabur dengan air mata akan menuai kegembiraan suatu saat nanti’ jangan pernah merasa diri paling malang sedunia karena kegagalan, kita harus bangkit untuk membuktikan betapa kita sangat berharga, singkirkan rasa sakit anda saat ini! Masih banyak hal-hal indah terbentang dihadapan kita apabila kita bisa melakukannya. Allah sudah menyiapkan suatu kehidupan baru bagi kita yang selama ini belum pernah melewatinya, percayalah hari depan penuh harapan, ambillah suatu keputusan untuk memulai lembaran baru dalam hidup anda saat ini.

Keep spirit teruntuk sahabatku para single tetap semangat...rara,iyul,ina,zumi miss u :))

Friday, 25 May 2012

TENTANG DIA

 
Pulang kerja entah kenapa kepikiran ingin membongkar koleksi dvd n teman2nya...dan menemukan  sebuah kotak berwarna hijau yang berisi cd lagu dan dvd sebuah film karya Rudy Soedjarwo dan beberapa cd juga yang semua hadiah dari orang2 yang pernah singgah dihati dan punya story.

Menguak kembali memori lama dan bermunculan semua yang pernah ada, ada penyesalan dan rasa bersalah karena pernah membuat kecewa, sudah 7 tahun berlalu dan semua data terhapus bersih dari memori jiwa, hati dan bahkan memori telpon, apakah masih bisa dihubungi? Sebuah tanda tanya besar ???? hanya untuk sekedar menjalin kembali tali silahturahmi tidak lebih karena mungkin dan pastinya kamu sudah punya kehidupan yang baru dengan pasanganmu saat ini dan kita sudah punya kehidupan masing-masing.

Maafin aku kalau dulu aku masih begitu polos dan tidak mengerti akan sinyal kasih sayang yang kamu berikan, aku yang begitu cuek, belum mengerti dan membuat kamu kecewa. Dengan membaca sebait kata pada cover cd yang pernah kamu berikan hari ini dan disaat ini aku baru sadar apa maksud dari kata-kata itu.

Semoga bukan pertanda buruk kalau aku mengingatmu saat ini, semoga kamu baik2 saja dengan kehidupanmu saat ini.

Mencoba menonton ulang film ‘tentang dia’ yang dulu kamu berikan dan kamu selalu berujar itu kisahnya ‘aku banget’, sumpah sudah beberapa kali aku menontonnya dan baru saat ini film ini sangat sangat menyentuh hingga ke relung hati, selain memang sebuah karya bagus seorang Rudy Soedjarwo dan juga diperankan dengan sangat bagus oleh para pemain berkarakter seperti jelmaan kamu fauzi baadilla, sigi wimala dan lainnya pastinya dikarenakan juga bercampur baur dengan rasa yang pernah ada dan dikupas tuntas jadi satu walaupun menontonnya berurai airmata tapi bukan kesedihan buruk yang aku rasakan kesedihan penuh memori indah yang pernah ada.

Terima kasih Tuhan, film ini juga menambah spirit aku dalam memandang kehidupan, dalam kehidupan ini ada dua hal yaitu ada cinta dan kematian bila kita mampu mengatasinya insya allah kita tidak akan takut menjalani hidup.
kematian akan datang pada makhluk yang bernyawa jadi jangan takut akan mati, cinta dan semuanya akan berakhir indah bila kita bisa menyeimbangkan rasa, kita harus siap merasakan kehilangan dan kesedihan untuk mendapatkan kebahagian.

Ria@buchari

Friday, 18 May 2012

MENGENANG ES GOYANG JAJANAN TEMPO DOELOE



Cuaca Jakarta siang ini yang terik mengingatkan saya tentang keberadaan es goyang, tentang keberadaannya yang semakin langka sebagai makanan khas di Jakarta saat ini, saya jadi terbawa suasana ingin nostalgia lagi dengan menikmati es goyang, santapan khas sunda ini kalau tidak salah biasa disebut juga es lilin.

Tuesday, 24 April 2012

Maid somse..


 
Baru kali ini ada maid somse kaliii..dia yang minta kerjaan dia yang mengkhianati,hari genee masih banyak kali yang mau kerja...

Dah sebulan ini cucian keringku membludak tapa sempat membuatnya licin alias menyetrikanya, entah kenapa lagi ga mood pegang kerjaan yang satu itu, jalan satu-satunya mencari tenaga lepas untuk mengerjakannya,..

Sebenarnya gw termasuk orang yang perfect banget sama pekerjaan yang menyangkut pakaian mesti bener melipatnya,mencucinya dan menyetrikanya sampai licin, makanya biasanya gw ga pernah puas bila pekerjaan itu dipegang orang lain, tapi berhubung sifat segan n malas masih bercokol di diri gw, berusaha deh tutup mata kalau ada hasil pekerjaan si maid yang kurang sempurna di mata.
Maksud hati ingin membantu tetangga dengan mempekerjakan yang dia bisa, tapi dah keburu kecewa dengan sifatnya, ya sudahlah memulailah lagi untuk berburu my maid yang lainn.


Ria@buchari

Thursday, 12 April 2012

OBAT HATI


 
BISMILLAH...

Ya Allah ya Rahman ya Rahim ...terangi jalan gelap ini jangan biarakan aq terus sendiri mencari mendaki dan berduri, ya rabb dengarlah doaku hadirlah selalu dalam kehidupanku....

Doa ini diajarkan Rasulullah untuk diucapkan setiap pagi dan petang hari, insya Allah segala rasa galau, bete atau pun rasa-rasa yang membuat resah berangsur-angsur menjauh, sbb:

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesedihan dan kesulitan, berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, berlindung kepada-Mu dari kebakhilan dan ketakutan dan berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan tekanan orang (HR Abu Daud)

Ya Allah jangan biarkan aku menjadi umat-Mu yang merugi, bimbinglah selalu agar aku selalu berada di jalan-Mu, warnailah kesendirianku dengan pelangi cinta-Mu agar hidupku lebih bermakna...

Sunday, 18 March 2012

BELOVED



“Diakah jodohku?”...pikiran seperti itu pasti selalu terbersit disela pikiran kaum pere yang masih single jika sedang dekat dengan seorang lawan jenis yang klik dan memberikan perhatian khusus.

Dan tak ayal sering pula terbersit pertanyaan “siapakah jodohku, kenapa tak kunjung datang”.. bila kesepian melanda ditengah kesendirian..

Hanya Allah Ta’ala saja yang mengetahui kapan dan bagaimana kita bertemu dengan jodoh kita, serta berapa lama kita akan berjodoh dengannya. Hanya Allah yang mengetahui segala sesuatu yang bersifat ghaib.

Tidak semua orang yang sudah menikah itu hidupnya bahagia, dari fakta yang ada banyak yang sudah menikah malah mengingkan melajang kembali, mereka selalu berkata ‘seandainya waktu bisa diputar kembali’.. nikmati kesendirian kita dengan sesuatu yang positif yang mungkin agak susah kita dapati bila sudah menikah, terutama kebebasan dalam menjalani rutinitas, misalkan berkumpul dengan teman-teman maupun menjalani hobby kita, yang belum tentu disenangi oleh pasangan kita nanti.

Nikmati hidup, perluas pertemanan, cari kesibukan yang bersifat positif, jadikan hidup kita lebih berarti untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Yakinlah Allah telah menentukan jodoh kita masing-masing hanya tinggal menunggu waktunya saja.

Hadapi ‘orang-orang kepo’ (orang-orang yang sok ingin tahu urusan orang lain) dengan santai, anggap saja pertanyaan-pertanyaan standar mereka sebagai doa, jangan dijadikan beban. Dengan banyak berpikir positif dan yakinlah bahwa jodoh,maut, rizki adalah rahasia Allah, tidak ada satu makhluk pun didunia ini yang bisa mengetahuinya, dengan begitu hidup kita akan menjadi tenang, gunakan waktu luang kita untuk instropeksi diri dan memperbaiki diri.

I’m single be happy...Yakinlah semua akan indah pada waktunya.... :)

Teruntuk sahabatku: iyul,ina, rara... tetap semangat yaaa


Ria@buchari

Thursday, 15 March 2012

RASA YANG SALAH...





Entah apa yang harus dilakukan...ingin melupakan selamanya tapi begitu banyak kenangan yang tidak bisa terlupakan begitu saja, ingin membencinya tapppi tak bisa, ingin membuang pikiran tentangnya jauh-jauh tapi tak bisa.

Rentang waktu sekian tahun tidak jua bisa membunuh rasa tentangnya, kenapa masih juga ada rasa itu, ingin rasanya untuk mengenyahkannya jauh-jauh hingga kedasar lautan tapi  slalu rasa itu kembali mengisi relung hati.

Ingin rasanya pergi menjauh untuk selamanya jika mendengarnya berbicara deangan terkasihnya untuk apa ada disisinya bila hatinya untuk yang lain.
Kejamkah dia
Jahatkah dia
Tapi mengapa selalu balik lagi untuk dia.

Ya Tuhan tolong bantu untuk mengenyahkan jauh-jauh rasa untuknya, berikan penggantinya dengan yang lebih baik, buang semua memori itu...

Entah sudah berapa puluh rasa sakit menghiasi relung hati tapi selalu kembali bersama, hidup ini penuh misteri yang tidak akan pernah terungkap akhir ceritanya..

Akankah ada penggantinya..aq slalu menunggu kedatangannya Tuhan



Ria@buchari

Wednesday, 29 February 2012

moment in time

 Sudah beberapa hari ini dia menemani hari-hariku, sikapnya dari hari ke hari semakin membuatku mulai membuka diri lagi, aku takut jatuh lagi, mungkinkah dia serius atau hanya iseng semata, ya Allah aku tidak bisa membaca isi hatinya bahkan melihat raut wajahnya saja aku tak mampu, tapi dia menawari rasa itu apa yang harus aku lakukan ya Allah...

Dihari ketiga kedekatan aku dengan dia semakin membuka celah relung hatiku sedikit demi sedikit, aku takut berharap ya Allah, aku takut rasa sakit itu kembali mengoyak relung hatiku, tolong beri aku petunjukMu ya Allah rasa pahit atau maniskah yang kelak akan aku rasakan bila aku menerima kehadirannya...

Ada bulir indah mulai bersemi, walaupun belum genap lima puluh prosen aku rasakan tapi aku mulai berani merasakan manisnya rasa itu tapi aku takut ada rasa pahit disela-selanya, tolong bantu aku menggapai asa itu ya Allah...

Ada rasa takut menyambut hari esok, aku takut ada rasa yang berubah pada hatinya begitu dia melihat kenyataan yang ada, tolong bantu aku bangun dari mimpiku di esok hari ya Allah, semoga Engkau tetap memberikan mimpi indah itu hingga sampai waktu yang tak terbatas...

Ria@buchari

Friday, 27 January 2012

BADAI DI PAGI HARI


Sepekan sudah office boy kantor absen hadir, cukup membuat repot semua penghuni kantor, terutama saya sendiri karena mesti dateng lebih pagi dari yang lain dikarenakan tempat tinggal saya lebih dekat dengan lokasi kantor kena deh jatah pembuka pintu.

Dari ujung jalan pintu masuk komplek perkantoran sudah terlihat pohon-pohon besar di depan kantor saya bertumbangan, tadinya saya sempat berpikir “ini satpam komplek perkantoran iseng amat sih menebang pohon bukan nunggu hari libur aja biar tidak mengganggu lalu lintas parkiran kantor karena memenuhi jalan dan berserakan dahan-dahan pohon besar” kenapa saya sempat berpikir seperti itu karena disepanjang jalan yang saya lalui tidak ada tanda-tanda pohon tumbang karena akibat hujan angin besar semalam.

Begitu masuk saya langsung naik keruangan saya karena ruang kerja saya terletak di lantai 2, mulai deh saya memulai aktifitas, dari menyalakan modem, pc dan monitor, AC dan lain-lain, setelah itu turun ke lantai bawah untuk sarapan pagi.

Satu persatu teman saya mulai berdatangan, yang bermukim di lantai 3 berteriak ternyata ruangannya hancur langit-langit ruangannya hancur berantakan menimpa semua barang yang ada disana, rupanya semalam hujan badai menghancurkan atap kantor saya.

Ternyata bukan kantor saya aja yang kena, kantor sebelah juga mengalami hal yang sama, ya akhirnya seharian kerjanya bakti deh bersih-bersih kantor, namanya orang indonesia selalu merasa untung walaupun sudah terkena musibah hehe...untungnya tidak mengenai ruangan saya, jadi masih bisa sedikit bernafas lega :)


Ria@buchari