Thursday, 22 September 2011

CHOCOLATE



Hmm mendengar kata coklat semua orang pasti suka, mulai dari coklat yang berbentuk makanan yang manis rasanya walaupun sebenarnya cowok berkulit coklat juga manis tapi cukup dilihat aja ya bukan dirasa qiqiqi…hingga band coklat yang easy listening lagu-lagunya….n kebetulan juga one day lagi suka sama yang serba coklat nih dari dress code sampe perlengkapan lainnya :)

So mengapa banyak orang banyak memilih coklat untuk hadiah sebagai ungkapan rasa sayang kepada orang-orang terdekatnya, mungkin karena coklat sering dianggap sebagai makanan cinta. Hal ini mungkin disebabkan karena coklat memiliki tekstur yang lembut dan akan lumer secara perlahan saat dikulum dalam mulut. Ini memberikan kesan sensual bagi orang yang memakannya. Selain itu, coklat dapat memberikan efek nyaman, rileks dan dapat meningkatkan gairah seksual..upss

Selain itu terkandung pula phenylethylamine yang berfungsi membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine yang akan menyebabkan perasaan gembira, meningkatkan rasa tertarik dan dapat menimbulkan perasaan jatuh cinta. Itulah alasan lain mengapa coklat sering diberikan sebagai hadiah tanda cinta bagi kebanyakan orang.

Rasa nyaman yang ditimbulkan setelah menikmati coklat bukan hanya perasaan saja, karena coklat mengandung ratusan zat yang memungkinkan terjadinya reaksi kimia di otak. Zat-zat inilah yang merangsang aktifnya serotonin di otak yang selanjutnya akan memicu perasaan nyaman seseorang, kata buku yang pernah saya baca J.  Selain itu, zat terbanyak yang terkandung dalam coklat adalah theobromine yang dapat menstimulasi jaringan saraf dan jantung yang membuat kita terjaga dan bersemangat. Efek ini juga bisa diperoleh dari kafein pada kopi atau teh. Manfaat lainnya dari theobromine adalah dapat meredakan batuk…hmm kayany mesti lebih sering makan coklat nih dimusim panca roba seperti ini biar bisa mengusir batuk yang biasa menyerang dimusim seperti ini…layak dicoba.

Untuk kesehatan pun ternyata coklat banyak manfaatnya loch dengan kandungan kakao (biji coklat) lebih dari 70% karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan adanya antioksidan, akan mampu untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan, mungkin pilihlah coklat dengan kandungan gula sedikit agar bisa menikmati manfaat besar yang dimiliki coklat.

Dengan adanya antioksidan, membuat coklat menjadi salah satu minuman kesehatan. Fenol, sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Selain itu kandungan lemak pada coklat kualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.

Coklat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium, dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Dengan makan coklat akan menambah magnesium dalam asupan gizi harian yang menyebabkan meningkatnya kadar progesteron pada wanita. Hal ini mengurangi efek negatif dari PMS…so bila mendekati masa PMS kayanya bagus juga tuh bila kita kaum pere untuk mengkonsumsi coklat, jangan takut jerawatan coz jerawat biasanya akan muncul kalau kita malas membersihkan wajah setelah beraktifitas seharian :)

Manfaat lain dari coklat adalah untuk kecantikan, karena antioksidan dan katekin yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini, maka tidak heran bila saat ini berkembang lulur coklat yang sangat baik untuk kecantikan kulit…*sekali-kali wajib dicoba nih lulur coklat* :)

selamat menikmati coklat..nyummiii :)


Ria@buchari


No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.